Jadi Langka, Cerita Restorasi Lamborghini Miura yang Cuma 1 Unit di Indonesia

Jadi Langka, Cerita Restorasi Lamborghini Miura yang Cuma 1 Unit di Indonesia

Lamborghini Miura merupakan salah satu supercar langka yang banyak diincar oleh para kolektor. Mobil tersebut cocok dikoleksi karena dianggap sebagai titik balik kesuksesan Lamborghini dalam membuat supercar. Menariknya, di Indonesia terdapat satu unit yang memilikinya dan direstorasi langsung oleh pabrikannya di Italia.

Mobil Lamborghini Miura yang ada di Indonesia adalah milik Yuswo Tirto Widjojo atau akrab dipanggil Om Boetje. Om Boetje merupakan pecinta mobil klasik sport Eropa. Sementara Miura yang dimilikinya adalah varian S yang dibuat sejak tahun 1971.

Foto: Brian

"Miura S ini sudah saya dapat sejak 2016, soal rasa, jelas Miura S ini sangat enak dikendarai. Tetapi saat saya baru mendapatkannya ada beberapa cacat kecil yang menurut saya cukup mengganggu, seperti pintu yang susah ditutup rapat dan sebagainya," ungkap Om Boetje beberapa waktu lalu.

Om Boetje pun menceritakan, sebelum sempat direstorasi oleh pihak Lamborghini Italia, dirinya sempat memperbaiki mobil itu di Indonesia. Saat diperbaiki di tanah air, Miura S milik Om Boetje sudah cukup rapih. Hanya saja sang pemilik masih kurang puas dengan hasilnya, sehingga diserahkan ke Lamborghini Italia.

Foto: Brian

"Kebetulan sekali, di saat itu Lamborghini sudah membuka divisi klasik yang bisa menangani restorasi mobil-mobil klasik buatan mereka. Dengan bantuan salah satu rekan saya, akhirnya saya memutuskan untuk mengirim Miura S ke Italia buat direstorasi," papar Boetje.

Proses restorasi Lamborghini Miura disebutkan oleh Om Boetje membutuhkan waktu hingga 15 bulan lamanya. Setelah restorasi selesai, mobil tersebut turut berpartisipasi dalam Councors of Elegance 2018. Ajang tersebut merupakan tempat berkumpulnya mobil-mobil klasik dan antik.

Foto: Brian

Om Boetje bercerita, Lamborghini Miura miliknya berhasil meraih juara satu bahkan menarik perhatian Pangeran Charles. Kini, mobil tersebut lebih banyak diam di garasi untuk menjaga mesinnya tetap prima. Meski demikian Miura S tersebut tetap dipakai dalam jarak yang dekat.

Beberapa orang pun telah mencoba menawar Lamborghini Miura S tersebut. Namun Om Boetje masih enggan melepaskannya meskipun diberikan uang yang sangat besar. Sementara untuk jarak tempuh, mobil langka tersebut hanya menempuh 1.500 kilometer saja.