Mobil Langka, Suzuki Jimny Long yang Dimodifikasi Selama Pandemi

Mobil Langka, Suzuki Jimny Long yang Dimodifikasi Selama Pandemi

Seperti dalam artikel sebelumnya, OtoMods ingin membahas dua Suzuki Jimny Long yang telah dimodifikasi. Kedua mobil yang sangat langka ini milik Ayah dan anak, yang akan kita bahas dari milik sang Ayah yakni Hamong Dhanardono.

Hamong pun menceritakan awal mula dirinya memiliki mobil langka yang satu ini. Awalnya Hamong tidak terlalu berniat membeli Suzuki Jimny Long ini. "Tapi entah kenapa Jimny ini selalu 'ngikut' saya, memang maunya dibeli saya kali ya," gelak Hamong.

Akhirnya Jimny Long ini pun pindah ke garasi Hamong. "Jimny yang ini saya bangun selama pandemi kemarin, makanya agak lama. Untunglah akhirnya selesai juga," bilang Hamong.

Foto: bautenam

Kerennya lagi, banyak part Jimny JDM JB32 dan JA22 terpasang di Suzuki Jimny Long silver ini. Di eksterior, fender depan, kap mesin, grill, dan pintu belakang berikut kaca dengan rear defogger pakai punya OEM JB32 JDM.

Untuk bumper Suzuki Jimny Long Hamong memilih pakai JA22 JDM, "Kalau over fender custom dan spion replika dari JB32," tambahnya. 

Nah, buat pelek pria paruh baya ini memilih Excel berukuran 15 inci untuk terpasang di Suzuki Jimny Long. Pelek tersebut ditemani dengan ban Dunlop Grandtrek 30 inci. Tak lupa, seluruh suspensi di rebuild total agar 'berdirinya' benar dan tidak ada masalah di kaki-kaki.

Yang tak kalah menyenangkan Hamong adalah Suzuki Jimny Long ini didapat sudah 4x4. "Jadi saya nggak usah nambahin lagi," gelak Hamong.

Foto: bautenam

Beralih ke interior Suzuki Jimny Long, tentu saja ini juga jadi concern Hamong. Kebetulan ia mendapatkan sepasang jok dari mobil Nissan, dasbor JB32, dan setir JB33. Untuk doortrim dan karpet semua dibuat ulang agar kembali seperti baru.

Terakhir adalah sektor mesin Suzuki Jimny Long. Mesin asli ini masih dipertahankan dengan sedikit modifikasi. Pengapian diganti menggunakan CDI dan header 4-1 juga dipasang agar lebih mantap tarikan mesinnya. "Saya juga pasang AC Denso dan power steering biar lebih nyaman," tukas pria 57 tahun ini.