Modifikasi Mesin BMW E30 M3 Pakai Mesin E46 Bertenaga 420 HP!

Modifikasi Mesin BMW E30 M3 Pakai Mesin E46 Bertenaga 420 HP!

BMW E30 menjadi mobil retro asal Jerman yang memiliki banyak peminat di Indonesia. Mobil yang satu ini juga menjadi generasi pertama M3 yang hadir dengan mesin yang lebih kencang. Menariknya, kali ini OtoMods menemukan BMW E30 M3 yang telah mendapatkan peningkatan di sektor mesin hingga bertenaga melebihi 400 HP!

Dilansir dari Tuningblog, John Larsson sang pemilik BMW E30 M3 memasang mesin legendaris E46 M3 yang memiliki kubikasi 3.700 cc berkonfigurasi 6-silinder. Larsson sendiri menyebutkan tujuan dari modifikasi ini adalah untuk mengembangkan BMW M3 yang optimal. Menariknya mesin E46 M3 yang dipasangkan pada E30 M3 bukan lagi dalam kondisi standarnya.

Foto: Tuningblog

Mesin BMW E46 M3 tersebut dibangun oleh Koehler Racing agar mendapatkan peningkatan dari segi performa. Sejumlah komponen diganti seperti piston & setang piston khusus, paket pendingin yang lebih besar, hingga ke crankshaft yang lebih baru. Dengan ubahan tersebut, kapasitas mesinnya pun meningkat menjadi 3.700 cc.

Di bagian atas alias head mesin BMW E46 M3 tersebut dipasangkan camshaft dari CSL yang disebut sangat langka. Kemudian flywheel yang ringan, kopling Sachs diperkuat, dan gardan differential lock juga dipasangkan. Sementara untuk sistem pembuangan, Larsson memasangkan sistem knalpot baru yang lebih sporty dengan muffler ganda.

Foto: Tuningblog

Demi mendukung peningkatan pada ubahan mesin BMW E46 M3 di atas, perangkat kaki-kaki dan pengereman dari E30 M3 pun turut ditingkatkan. Di antaranya seperti memasang pengereman sport Porsche Brembo, pelek DTM 18 inci, dan suspensi yang diperkuat. Hasilnya BMW E30 M3 tersebut mampu menghasilkan tenaga 420 hp yang sangat kuat untuk mobil di ukurannya.