Volkswagen Combi Dimodifikasi Swap Engine Pakai Mesin Porsche

Volkswagen Combi Dimodifikasi Swap Engine Pakai Mesin Porsche

Volkswagen (VW) Combi dalam bentuk standar sudah sangat keren dikarenakan tampilan retro dan desainnya yang sangat manis. Namun beberapa pemilik mobil ini kerap melakukan modifikasi. Kali ini terdapat modifikasi yang cukup ekstrim karena mengganti mesinnya agar lebih bertenaga.

Dilansir dari Carscoops, VW Combi ini dibangun oleh Creative Coachworks dan terdaftar untuk dijual di DD Classics London. Modifikasi mesin ini ditujukan agar mobil bus itu dapat melaju hingga 160 km/jam di Autobahn. Sehingga peningkatan dari segi powertrain, pengendalian, dan pengereman pun perlu dilakukan.

Foto: Carscoops

Modifikasi yang menjadi pusat perhatian adalah di bagian belakang dari VW Combi ini, terdapat mesin 6-silinder segaris, 3.200 cc yang sangat bertenaga. Mesin ini adalah milik Porsche 911 Carrera di tahun 1980-an. Mesin tersebut mengirimkan tenaga ke roda belakang melalui transmisi manual lima percepatan.

Sayangnya, informasi yang didapatkan tidak memberikan tenaga kuda yang dihasilkan dari mesin tersebut. Namun jika dilihat dari spesifikasi mesin, tentunya dipastikan tenaganya bisa meningkat tiga kali lipat daripada VW Combi versi standar. Tentunya angka tersebut cukup mengerikan untuk sebuah mobil yang lahir dari tahun 1965 ini.

Foto: Carscoops

Karena tenaga yang sudah meningkat, sejumlah komponen dari VW Combi ini juga perlu ditingkatkan. Di antaranya terdapat rem cakram yang ditingkatkan dengan kaliper berwarna merah. Suspensi coilover yang lebih rendah juga dipasang untuk kestabilan dan roll-cage juga ditambahkan untuk memberi kekuatan.

Sementara di bgian eksteriornya, VW Combi ini mendapatkan warna dual-tone hitam-putih. Di bagian samping terdapat bumper dan lampu depan yang dicat hita, Sementara di bagian bawah terdapat pelek Fuchs 16 inci original dan dual-pipe knalpot berwarna krom di bagian belakang.