Honda Brio Swap Engine Rotary Pakai Jantung Mazda RX-7

Honda Brio Swap Engine Rotary Pakai Jantung Mazda RX-7

Jika dilihat dari tampilan luarnya, Honda Brio yang satu ini punya penampilan yang biasa saja. Namun jika dibuka bagian kap mesinnya, mobil Jepang tersebut bisa langsung bikin geleng-geleng kepala. Gimana tidak, alih-alih modifikasi pakai mesin K atau B series dari Honda, mobil ini justru pakai rotary.

Dilansir dari XO-Autosports, Honda Brio yang satu ini tidak tanggung-tanggung dalam melakukan swap engine. Mesin 13B-REW dari sportscar Mazda RX-7 dipasangkan pada mobil city car tersebut. Dilaporkan modifikasi untuk memasang mesin tersebut cukup mudah, dikarenakan mesin rotary lebih kecil dibandingkan dapur pacu Brio.

Tak cukup dengan mengganti mesinnya saja, dapur pacu RX-7 yang dipasangkan ke Honda Brio itu pun ditingkatkan untuk mencari potensi terbaiknya. Mulai dari mengganti turbo lansiran Garrett GT45 dengan setelan boost 0,6 bar. Kemudian blow off valve TiAL, pressure fuel Aeromotive, nozzle 840 cc, dan porting polish.

Foto: XO-Autosport

Sementara untuk pendinginan mesin rotary tersebut dipasangkan radiator milik Porsche Carrera. Di sisi lain, manajemen mesin dimaping ulang oleh HKS F-Con V Pro V3.3. Menariknya, modifikasi Honda Brio ini mampu membuatnya memiliki tenaga 261 dk dan torsi maksimal 252 Nm.

Performa Honda Brio yang sudah meningkat ini tentu butuh pengereman dan kaki-kaki yang lebih baik. Suspensi pun diperkuat dengan shock absorber dari RS-R BEST 1. Kemudian shock tersebut ditemani pelek Volk Racing TE37 yang dibalut ban Yokohama Neova AD08.