Pertama di Dunia, Toyota GR 86 Menggunakan Penggerak Listrik Bertenaga 300 DK!

Pertama di Dunia, Toyota GR 86 Menggunakan Penggerak Listrik Bertenaga 300 DK!

Toyota GR 86 menjadi salah satu sports car terbaru dari pabrikan Jepang. Menariknya dalam pameran SEMA SHow 2022, Scalar Performance menghadirkan versi modifikasi dari mobil tersebut. Namun alih-alih meningkatkan mesin bawaan, tuner asal Kanada ini justru menyematkan penggerak listrik pada mobil tersebut.

Dilansir dari Carscoops, Scalar Performance memberikan label SCR1 pada Toyota GR 86 bertenaga listrik tersebut. Benar saja, mesin 2.000 cc bawaan pabrikan Toyota telah dilepas dan diganti dengan motor listrik. Motor listrik ini sendiri buatan Hypercraft Stealth EV yang dipasangkan di roda belakang.

Foto: Carscoops

Scalar Performance sendiri menyebutkan motor listrik dari Toyota GR 86 ini memiliki spesifikasi 800-volt. Hasilnya mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 328 dk dan torsi puncak 468 Nm. Suplai tenaga diberikan dari baterai khusus motorsport 65 kWh yang mampu menempuh perjalanan 45 menit balapan.

Sementara untuk pengisian daya, Toyota GR 86 ini memakai sistem charge DC 150 kW dengan teknologi fast-charging. Untuk mengisi daya penuh dari kosong pun hanya membutuhkan waktu 20 menit saja.

Performanya menjadi fokus dari modifikasi ini, mengingat ubahan yang cukup ekstrim dari Toyota GR 86 listrik. Disebutkan mesin listriknya mampu menempuh 0-100 km/jam dalam kurun waktu 3,9 detik saja. Sementara untuk kecepatan tertinggi, mobil asal Jepang tersebut mampu menembus 267 km/jam.

Foto: Carscoops

Menarinya modifikasi Toyota GR 86 listrik dari Scalar Perfomance ini bukan saja dari penggeraknya, tetapi sejumlah komponen turut dimodifikasi. Seperti pemasangan aero kit karbon yang membuat tampilan lebih sangar dan streamline. Aero kit ini hadir dari splitter lebar di bumper depan, sayap besar di belakang, dan diffuser di bumper belakang.

Mengenai kaki-kakinya, Toyota GR 86 listrik ini didukung oleh pelek Enkei 18 inci yang dibalut ban semi-slick dari Hoosier. Pelek dan ban tersebut duapdukan dengan suspensi Ohlins dengan pengereman BBK dari Wilwood. Sementara di interior terdapat jok Sparco dengan sabuk 6-titik dan jendela jaring SFI.