Mobil Terakhir yang Dipakai Ken Block Balapan di World Rallycross

Mobil Terakhir yang Dipakai Ken Block Balapan di World Rallycross

Kabar meninggal dunia Ken Block tentunya menjadi duka yang dirasakan bagi seluruh pecinta otomotif. Pereli legendaris dan drifter terkenal ini dikabarkan mengalami kecelakaan snow mobile yang meregang nyawanya. Pencipta Gymkhana ini pun sempat memiliki banyak mobil legendaris selama masa karirnya.

Kali ini OtoMods ingin membahas salah satu mobil dari Ken Block yang menjadi tunggangan terakhir dalam karir balapnya. Mobil tersebut adalah Ford Focus RS RX yang dikendarai di Gymkhana Nine. Mobil ini dibangun untuk membalap di FIA World Rallycross Championship.

Foto: Carkeys

Dilansir dari CarKeys, mobil ini ditenagai oleh mesin empat silinder 2.000 cc turbocharge yang mampu menghasilkan tenaga 600 hp. Tentunya tenaga tersebut bukan dihasilkan oleh dapur pacu standar pabrikan. Melainkan dirancang oleh M-Sport, Ford Performance, dan tentunya Hoonigan Racing Ken Block.

Ford Focus RS RX dibuat dengan mesin khusus untuk FIA World Rallycross Championship. Semua yang tidak dibutuhkan dalam balap rally pun dilepas oleh Ken Block dari mobil ini untuk menghemat bobot. Salah satu contohnya adalah kursi penumpang belakang dan peredam suara.

Foto: Carkeys

Kemudian roll cage spesifikasi kompetisi pun dipasangkan ke dalam interior Ford Focus RS RX ini. M-Sport pun menempatkan kursi pengemudi dan navigator lebih ke arah tengah sasis. Artinya Ken Block duduk lebih jauh ke belakang dari semua mobil lainnya yang membuat posisi kontrol lebih seimbang.

Di bagian suspensi, Ford Focus RS RX ini menggunakan suspensi double wishbone di bagian depan dan belakang. Menariknya mobil ini tidak menggunakan strut bar depan, sementara sistem penggerak empat roda yang pintar dari Ford juga dilepas. Penggerak empat roda pun diganti dengan yang lebih tradisional dengan diferensial standar.

Foto: Carkeys

Mengenai mesinnya Ford Focus RS RX ini seperti yang telah disebutkan sebelumnya menghasilkan tenaga 600 hp. Memang tidak banyak yang dapat diketahui dari modifikasi internal mobil Ford Focus RS RX milik Ken Block ini. Namun yang pasti intercooler diperbesar dengan memindahkan radiator ke bagian belakang mobil.

Dengan demikian Ford Focus RS RX milik Ken Block ini memiliki banyak tekanan dorongan dari turbocharge. Kabarnya tenaga yang dihasilkan mencapai 600 bhp dengan torsi sekitar 900 Nm. Mobil pun dapat menyentuh 100 km/jam hanya dalam 1,9 detik saja.

Foto: Carkeys

Sementara mengenai bodywork, Ford Focus RS RX Ken Block telah menggunakan sayap belakang yang besar. Sayap ini cukup umum digunakan pada mobil balap WRC, meski demikian Rallycross banyak tidak mengaplikasikan modifikasi ini. Pertimbangannya adalah karena mobil lebih banyak menghabiskan waktunya berjalan ke samping.

Kabar terakhir di tahun 2020, Ford Focus RS RX milik Ken Block ini sudah dijual lewat lelang seharga USD 200.000. Angka tersebut jika dikonversikan setara dengan Rp 3,1 miliar. Seluruh hasil penjualan mobil tersebut pun disumbangkan untuk membantu kebutuhan kemanusiaan selama pandemi Covid-19.