Hoonipigasus, Porsche SVRSR Milik Ken Block di Kejuaraan Pikes Peak 2022

Hoonipigasus, Porsche SVRSR Milik Ken Block di Kejuaraan Pikes Peak 2022

Meninggalnya Ken Block menjadi kabar duka yang menyelimuti seluruh dunia motorsport. Pereli yang banyak melakukan modifikasi mobil ini masih sempat mengikuti beberapa kejuaraan. Salah satu yang terakhir adalah keikutsertaannya dalam ajang Pikes Peak 2022.

Dilansir dari Autoblog, Ken Block mengikuti kompetisi tersebut dengan menggunakan porsche SVRSR. Mobil tersebut pun kemudian dimodifikasi oleh BBi Autosport dan dijuluki Hoonipigasus. Lantas kira-kira apa saja modifikasi dari supercar tersebut?

Foto: Istimewa

Porsche SVRSR Hoonipigasus ini dibuat dengan warna yang disebut Pink Pig, inspirasinya sendiri diambil dari balap Le Mans di tahun 1971. Beberapa bodywork pun dilakukan mulai dari over fender yang lebar, sayap besar di belakang, splitter dan diffuser di masing-masing bumper. Tak lupa terdapat logo Hoonigan dan Mobil1 yang menjadi tim balap dan sponsor.

Porsche SVRSR Hoonipigasus dibekali oleh mesin twin-turbo 4.000 cc 6-silinder segaris. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 1.400 dk. Dengan spesifikasi tersebut, tenaga yang dihasilkan pun lebih besar daripada Ford Mustang Hoonicor yang pernah dibangun sebelumnya.

Foto: Istimewa

Tenaga Porsche SVRSR Hoonipigasus tersebut disalurkan ke penggerak All Wheel Drive untuk empat rodanya. Kemudian kaki-kakinya dikawinkan dengan suspensi yang dilengkapi sensor data GPS. Tak berhenti disitu, sistem aerodinamis pada mobil ini juga dapat diatur.

Nama Hoonipigasus sendiri yang disematkan pada Porsche SVRSR memiliki arti sendiri. Hooni diambil dari identitas Ken Block bersama tim balapnya, Pi diambil dari Pig Pink yang merupakan warna mobil. Sementara terakhir adalah Gasus, yang merupakan sponsor Mobil1 "Pegasus".