Modifikasi 'Simple Stance' Untuk Ford Focus Hatchback Kesayangan Keluarga

Modifikasi 'Simple Stance' Untuk Ford Focus Hatchback Kesayangan Keluarga

Sudah sangat jarang pecinta mobil yang melakukan modifikasi pada Ford Focus. Mungkin saja penyebabnya karena APM (Agen Pemegang Merek) Ford yang sudah hengkang dari Indonesia. Sehingga banyak yang mengkhawatirkan sulitnya mencari suku cadangnya.

Namun pria ini tetap setia untuk menggunakan dan memodifikasi Ford Focus Hatchback kesayangan keluarganya ini. Modifikasinya tentu saja tidak bisa terlalu ekstrim, karena ia masih kerap mengajak keluarga kecilnya jalan-jalan dengan mobil ini.

Foto: bautenam

Akhirnya ia memilih gaya modifikasi yang simpel agar tidak menyusahkan saat ia sedang jalan santai dengan istri dan anaknya. "Saya menyebut modifikasinya 'simple stance', karena memang pengin modif ala stance tapi yang simpel saja, nggak ekstrim," ujar Nuke Hari Priyangga, owner Ford Focus putih yang keren ini. 

Pertama ia mencari pelek yang pas dengan kontur body Ford Focus dan sesuai keinginan pemiliknya. Untungnya pria 27 tahun ini berhasil mendapatkan pelek idamannya yaitu Work Seeker GX berukuran diameter 18 inci dengan lebar 10 inci di depan dan 10,5 inci di belakang. 

Foto: bautenam

Ternyata saat dipasang pada Ford Focus terdapat sedikit masalah. Nuke menyebutkan posisi pelek kurang keluar dari undercarriage mobil. "Pelek ini harus pakai spacer 3 mm lagi yang belakang karena agak 'nyebur' ke dalam," ucap Nuke. 

Pelek itu pun dibalut ban Accelera ukuran berukuran 215/35R18 di depan dan 225/35R18 di belakang. Setelah beres, barulah ia memodifikasi suspensi Ford Focus tersebut pakai airsus 2 channel berikut camber kit custom -2 depan dan -6 belakang. 

Foto: bautenam

"Selain memang tema stance, pakai airsus ini biar nggak ribet kalau ketemu jalan yang kurang bagus atau polisi tidur, tinggal tinggiin aja. Kalau parkir bisa dikandasin sampai habis! Hahaha," gelaknya. 

Setelah pasang airsus di Ford Focus, kondisi kaki-kaki depan aman. Namun untuk kaki-kaki belakang agak mentok sedikit jadi harus dilakukan widebody di fender belakang. "Saya maunya widebody natural aja, jadi nggak terlalu wide banget," ucapnya. Nah, sekarang baru aman kalau airsus di set di 0 psi. Slammed!

Foto: bautenam

Terakhir, Nuke juga menambahkan add-on depan, side splitter, dan rear diffuser untuk modifikasi eksterior Ford Focus. "Kalau nggak pasang add-on kaya masih 'ngambang' kelihatannya, sekarang baru enak dilihatnya," tukas anggota komunitas New Dimention Bandung ini. 

Keren juga ya kalau Ford Focus Hatchback ini dimodifikasi dengan proper!