Pelek yang Cocok untuk Semua Mobil? Beneran Ada atau Cuma Mitos?

Pelek yang Cocok untuk Semua Mobil? Beneran Ada atau Cuma Mitos?

Dalam dunia modifikasi mobil, pelek menjadi komponen utama yang kerap diganti dari versi standarnya. Belakangan ini, banyak kata-kata yang beredar soal pelek yang cocok untuk semua mobil. Lantas, kira-kira apakah benar terdapat pelek yang cocok untuk semua mobil atau hanya sekedar mitos belaka?

Wibowo Santosa selaku pemilik Permaisuri Ban yang dikenal sebagai bengkel pelek ternama di Jakarta pun angkat suara. Menurutnya tidak ada pelek yang dapat digunakan dan cocok oleh semua mobil. Menurutnya setiap mobil memiliki gaya sendiri dan pelek yang digunakan pun harus cocok.

Foto: bautenam

"Contoh mudahnya gini, emang ada sepatu yang cocok untuk semua acara? Kan enggak ada. Ada yang suka pakai sepatu sneakers, ada yang suka pakai sepatu kulit. Sama seperti pelek, jadi sebetulnya enggak ada yang bisa disebut sebagai pelek untuk semua mobil," ujar Bowo sapaan akrabnya saat ditemui OtoMods.

Namun beberapa pelek seperti Volk Rays TE37, Enkei RPF1, dan lain sebagainya kerap disebut sebagai pelek yang cocok untuk segala mobil. Bahkan Bowo sendiri mengakui pernah membuat slogan TE37 tidak pernah salah. Namun hal ini disebutkannya dalam kasus modifikasi mobil yang sudah sangat banyak.

Foto: bautenam

"Memang TE37 tidak pernah salah kan kami yang membuat. Tapi kalau dipasang ke mobil tertentu, belum tentu cocok. Kecuali mobilnya sudah mendapatkan ubahan fitment tertentu yang jadi cepere banget gitu masih oke. Tapi kalau kita lihat seperti BMW Seri 5 yang masih standar begini, tentunya akan terlihat aneh," paparnya.

Bowo pun menyebutkan, ketika melakukan modifikasi pelek harus diketahui sampai detilnya agar spesifikasinya dapat meningkat. Bowo sendiri menjelaskan, selain kemampuan menampung beban, terdapat beberapa spesifikasi lain yang harus diketahui. Di antaranya seperti berat pelek, kemampuan pelek dalam kecepatan tertentu, dan masih banyak lagi.