Andalkan R15 Lama dan R25, Sekolah SMK Bisa Menang di Yamaha Sunday Race

Andalkan R15 Lama dan R25, Sekolah SMK Bisa Menang di Yamaha Sunday Race

Yamaha Sunday Race merupakan ajang balap yang diadakan oleh pabrikan garpu tala dalam mewadahi pecinta kecepatan. Sejumlah peserta baik pembalap profesional hingga komunitas pun turut berpartisipasi. Tak terkecuali Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang turut menunjukkan kebolehannya dalam membuat motor balap.

Seperti SMK Walang Jaya di Jakarta Utara yang memiliki fokus pembelajaran di otomotif. Menariknya SMK ini juga telah beberapa kali mengikuti ajang balap dari Yamaha. Sekolah yang satu ini menurunkan dua motor sekaligus yakni Yamaha R15 lama di kelas Com A dan Yamaha R25 di kelas Com Pro.

"Kita sudah beberapa kali juara satu, di 2019 kita Endurance race juara satu juga. Mengalahkan Yamaha Racing Indonesia, dari situ kita terpacu bahwa SMK bukan hanya sekolahan tapi bisa mengalahkan tim pabrikan kelas atas. Karena kita binaan Yamaha, jadi kita bisa mengaplikasikan teknologi mereka di sekolah," ujar Aji Wisnugroho selaku Pemilik Yayasan SMK Walayang Jaya ketika ditemui OtoMods di Sentul, Minggu (19/6) kemarin.

Foto: Brian

Aji menyebutkan untuk kebutuhan balap ini, dari motor hingga komponen modifikasinya dibeli sendiri dari pihak sekolah tanpa adanya sponsor. Kemudian motor-motor yang turut dibalapkan pun tidak dirakit dari bengkel luar, melainkan dibangun sendiri. Menurut pengakuannya, pihak sekolah memiliki 4 unit dan dipakai 2 di balap Yamaha Sunday Race.

"Jadi motor kita beli, semua part komponen kita biayakan mandiri sendiri dari sekolah. Kebetulan yang kita biayain saya sendiri, rakit sendiri, jadikan ikut balapan, bersaing dengan tim-tim besar. Jadi motor ini dibuat di sekolahan, ada 4 unit, yang turun 2 unit, 250 cc 2 unit dan 150 cc 2 unit," papar Aji.

Foto: Brian

Aji mengaku tidak mengalami kesulitan dalam membangun motor balap di sekolah. Menurutnya karena memiliki mekanik dari lulusan SMK Walang Jaya yang berprestasi hingga menjadi mekanik balap di kelas Asia. Dengan modal tersebut, membuat SMK Walang Jaya berhasil menyabet beberapa kejuaraan dari Yamaha Indonesia.

"Di sini mekaniknya anak sekolah semua, kita jadikan kru teknisi jadi mereka enggak bingung. Begitu kita butuh, mereka sudah bisa semua. Endurance Race 2019 juara satu, Sunday Race itu juara 1 nyabet 3 kali. Juara tiganya itu satu kali," pungkasnya.