Ketahui Ciri-Ciri Piston Sudah Harus Ganti, Jangan Sampai Jebol!

Ketahui Ciri-Ciri Piston Sudah Harus Ganti, Jangan Sampai Jebol!

Piston atau seher merupakan komponen paling penting dalam sebuah mesin motor. Piston berfungsi memberikan kompresi dan menghasilkan tenaga pada sebuah motor. Lantas bagaimana caranya mengetahui bahwa piston harus segera diganti sebelum mesin jebol?

Dodo selaku pemilik bengkel umum AMS Motor yang berlokasi di Ciledug, Tangerang, mengatakan ciri-ciri piston harus diganti terlihat saat dipanaskan. Menurutnya jika pada saat pagi hari motor dipanaskan terdapat asap putih, kemungkinan piston harus diganti. Asap putih mengindikasikan oli yang merembes ke ruang pembakaran.

Foto: Brian

"Kalau sudah keluar asap putih, berarti itu oli ikut terbakar. Karena piston tadi sudah mulai rusak sehingga oli ikut masuk ke ruang pembakaran. kan di piston ada ring oli, ring kompresi, dan ring bakar, nah ring olinya itu yang sudah mulai ngempos," ujar Dodo ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

Selanjutnya Dodo menjelaskan jika kondisi tersebut dibiarkan terlalu lama membuat piston mengunci. Ciri piston yang mengunci dapat dirasakan ketika pengendara menurunkan kecepatan motor. Alih-alih mesin menjadi stabil, yang terasa justru kehilangan tenaga lalu mati.

Foto: Brian

"Kalau itu dibiarkan terus menerus, piston akan terkunci karena oli sudah habis terbakar. Kan di piston ada pen seher, itu otomatis butuh pelumas juga. Oli yang sudah habis terbakar semua jadinya piston ngunci," pungkasnya.

Demi menghindari terjadinya hal ini, Dodo yang berkecimpung di dunia bengkel selama 20 tahun menyarankan untuk servis secara rutin. Kemudian motor yang sudah memiliki usia cukup lama, harus melakukan servis besar. Di sisi lain, ketika pemilik melihat asap putih dari knalpot diharapkan segera mengganti komponen piston agar motor tetap dapat digunakan.