Suara Knalpot Racing Bisa Berubah, Kira-Kira Apa Penyebabnya?

Suara Knalpot Racing Bisa Berubah, Kira-Kira Apa Penyebabnya?

Knalpot racing biasanya digunakan untuk menambah performa sepeda motor agar lebih sporty. Selain menambah performa, penggunaan knalpot racing bisa membuat suara motor menjadi lebih gahar. Akan tetapi, ternyata suara gahar pada knalpot racing bisa berubah secara perlahan terutama pada knalpot custom.

Wawan dari bengkel WRC Racing Muffler mengatakan, memang knalpot racing tidak membutuhkan perawatan yang berarti. Namun ketika suara sudah berubah, disarankan untuk membawa knalpot ke bengkelnya. Karena bisa saja komponen pada bagian muffler perlu diberikan perbaikan.

Istimewa

"Engga perlu perawatan sih, kalau check-up paling pas suaranya udah engga enak aja. Misal awalnya suaranya ngebass, kok tiba-tiba sudah beberapa bulan suaranya itu berubah. Itu harus ganti glasswool, perawatannya itu saja paling," ujar Wawan ketika ditemui di Depok beberapa waktu lalu.

Wawan menyebutkan, jangka penggantian glasswool berbeda-beda di setiap motor tergantung dari pemakaiannya. Jika jarang dipakai, biasanya penggantian komponen ini butuh waktu lebih lama karena lebih awet. Sementara jika sering digunakan, terutama dalam kecepatan tinggi maka akan lebih cepat diganti.

Foto: Brian

"Jangka waktunya tergantung pemakaian, kalau jarang dipakai ya otomatis awet. Terus kalau di kami itu pakai glasswool impor, jadi bisa awet sampai tahunan. Kalau ganti gasbul di kami itu patokannya Rp 100 ribu / knalpot. Harga itu sudah termasuk bongkar pasang," ujar Wawan.

Soal bengkel knalpot milik Wawan ini bisa ditemui di Jl Tole Iskandar No. 93, Depok, Jawa Barat. Bengkel WRC Racing Muffler ini buka setiap harinya mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 Sore.