Performa Mesin Ditingkatkan, Perawatannya Tak Bisa Asal-Asalan!

Performa Mesin Ditingkatkan, Perawatannya Tak Bisa Asal-Asalan!

Modifikasi motor merupakan hal wajar yang dilakukan oleh para pecinta roda dua. Biasanya modifikasi yang kerap dilakukan adalah dari segi tampilan dan peningkatan performa. Jika Anda melakukan modifikasi untuk meningkatkan performa akan terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh pemilik motor.

Joddy Ario selaku pemilik bengkel JDM Project menyebutkan, motor yang telah melakukan peningkatan performa durabilitasnya akan semakin berkurang. Karena spesifikasi mesin standar semakin ditingkatkan yang membuat motor bekerja lebih keras. Sehingga perlu perhatian ekstra dari sang pemilik motor yang telah melakukan peningkatan performa.

Foto: Brian

"Semakin ditingkatkan performa mesin motor, misalkan naik kapasitas dan lain sebagainya. Maka pengeluaran semakin meningkat, jadi jangan dipikir naik kapasitas, mesinnya sekuat badak. Justru naik performanya, malah makin berkurang durabilitasnya," ujar Joddy saat ditemui beberapa waktu lalu di Bekasi.

Menurutnya bagi pemilik motor yang telah melakukan peningkatan performa harus rajin ganti oli. Karena motor yang telah tersebut akan terus digunakan dalam performa tinggi. Alasannya karena tarikan motor terasa lebih bertenaga daripada saat masih standar.

Foto: Brian

"Makanya yang udah meningkatkan performa lebih baik sering-sering ganti oli, sering servis. Soalnya yang begitu pemakaiannya pasti gas dibejek melulu, kan enak tarikannya. Pertanyaannya siap engga dengan perawatannya, karena bahaya kalau engga ditingkatkan juga perawatannya," pungkas Joddy.

Menurut Joddy jika pemilik motor yang telah meningkatkan performa tetapi perawatan masih sama seperti waktu standar maka motor akan cepat rusak. Terutama jika pemilik tetap menggunakan part yang murah atau part standar.