Modifikasi Yamaha Fazzio Full RCB, Jadi Konsep Racing Elegan

Modifikasi Yamaha Fazzio Full RCB, Jadi Konsep Racing Elegan

Yamaha Fazzio merupakan skutik bergaya elegan yang masuk dalam kategori Classy Yamaha. Namun ditangan orang yang berjiwa racing, motor ini dipasangkan komponen-komponen performa. Seperti Yamaha Fazzio yang dikerjakan oleh RCB Indonesia, membuatnya tampil menjadi racing elegan.

Modifikasi Yamaha Fazzio ini dikerjakan oleh Robby Ganie selaku Tim R&D RCB Indonesia. Robby menjelaskan tidak ingin melakukan modifikasi yang hanya plug and play pada motor tersebut. Oleh karenanya pelek RCB FG 506 Forged milik Yamaha NMax dicoba dipasangkan ke Fazzio tersebut.

Foto: Brian

"Pemasangannya tidak plug and play tentunya, karena ukuran pelek NMax dan Fazzio jauh berbeda. Jadi di bagian hub depan ada yang dibubut, sementara untuk pelek belakang as rodanya diganti dengan milik NMax. Ini pelek forged yang biasa dipakai sama Marchesini dan pelek MotoGP, jadi dia enggak di cetak tapi dari bahan alumunium ditempa jadi sebuah pelek," ujar Robby ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

Selain itu, beberapa komponen pada Yamaha Fazzio juga telah dilenkapi oleh komponen RCB. Karena pelek yang digunakan milik NMax, sehingga disc brake menggunakan RCB S-Series berukuran 230 mm depan dan belakang. Sementara itu untuk kaliper menggunakan RCB S2 1-pison di depan dan belakang.

Foto: Brian

"Karena Fazzio tidak punya arm, jadi kita bikin sekaligus untuk braket kaliper belakang. Sebenarnya ini tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka waktu lama, seperti untuk touring dan harian. Kalau untuk kontes saja masih aman, jadi ada braket besi di bawah dan bagian atasnya dibaut ke handle rem," papar Robby.

Sementara untuk master rem, Yamaha Fazzio ini mengandalkan komponen RCB E3, namun handle-nya diganti dengan RCB S1. Di bagian kaki-kaki depan masih menggunakan komponen standar, sementara belakang menggunakan RCB VS Series. Di sisi lain, sistem pembuangan telah menggunakan R9 Alpha yang memperkental aura racingnya.

Seluruh modifikasi Yamaha Fazzio ini menghabiskan biaya hingga Rp 20 jutaan. Menariknya, pelek Forged RCB FG 506 sendiri sudah dibanderol seharga Rp 12 jutaan. Gimana menurut Anda? Tertarik modifikasi Fazzio seperti ini?