Paket Bore-up Yamaha Aerox Sampai 250 cc, Modal Sampai Rp 20 Juta?

Paket Bore-up Yamaha Aerox Sampai 250 cc, Modal Sampai Rp 20 Juta?

Berbicara motor matic yang memiliki performa tinggi, tentunya tidak jauh dari yang namanya Yamaha Aerox. Skuter Maxi ini memang banyak diandalkan para penggunanya dalam hal kecepatan, namun bagi sebagian orang kapasitas mesin masih terasa kurang. Sehingga tidak heran terdapat banyak pilihan komponen modifikasi yang meningkatkan kubikasi mesin.

Seperti di bengkel Reisen Motoshop yang merupakan rekanan Bintang Racing Team yang menghadirkan paket bore-up Yamaha Aerox. Menariknya, paket bore-up yang ditawarkan oleh bengkel yang satu ini mampu membuat Aerox menjadi 250 cc. Lantas apa saja ubahan untuk membuat Aerox menjadi 250 cc? Kira-kira berapa harganya?

Foto: Istimewa

Thomas William selaku Tuner Reisen Motoshop menyebutkan Yamaha Aerox bore up 250 cc menggunakan komponen lengkap dari BRT. Mulai dari Crankshaft, blok mesin, piston, hingga ke head mesin. Sementara itu terdapat beberapa penyesuaian di throttle body, injektor, Electronic Control Unit (ECU), hingga camshaft.

"Crankshaft, blok piston 70 mm, stroke up 6 mm, silinder head juga harus diubah. Masih ada pengerjaan ngelebarin tatakannya, mindahin water jacket, otomatis gedein klep, bisa 23/20 atau 22/19. Pastinya throttle body harus digedein, injektor, ECU juga pasti, noken as juga pasti ganti," ujar William saat ditemui beberapa waktu lalu di Bekasi.

Foto: Istimewa

Mengenai harganya, William menyebutkan tidak berbeda jauh antara bore up Yamaha Aerox 238 cc dan 250 cc. Dirinya memberikan kisaran sekitar Rp 20 jutaan, perbedaan hanya pada pengerjaan silinder head sekitar Rp 2 jutaan. Sayangnya Reisen belum mendapatkan konsumen yang ingin bore up hingga 250 cc, sehingga belum terdapat riset lebih lanjut mengenai tenaganya.

"Proyeknya sih baru satu di NMax, soalnya produknya juga baru launching. Jadi kami belum ada risetnya kalau Aero dibikin jadi 250 cc," pungkas William.