Plus Minus Modifikasi Throttle Body Down Draft, Pikir Lagi Sebelum Pasang!

Plus Minus Modifikasi Throttle Body Down Draft, Pikir Lagi Sebelum Pasang!

Mengubah throttle body menjadi model down draft adalah modifikasi di mesin sepeda motor yang banyak digemari saat ini. Modifikasi throttle body down draft membuat aliran udara dan bensin langsung masuk ke klep kemudian ke ruang bakar. Kira-kira apa saja plus minus melakukan modifikasi throttle body down draft?

Thomas William selaku Tuner dari Reisen Motoshop menyebutkan keuntungan dari menggunakan throttle body model down draft adalah naiknya gas speed. Karena udara dan bensin yang masuk ke mesin langsung ke ruang pembakaran, membuat aliran kedua campuran tersebut tidak mengalami turbulensi. Secara langsung modifikasi ini akan meningkatkan tenaga motor.

Istimewa

"Kenaikan tenaga tergantung spesifikasi motornya, standar juga bisa di down draft cuma hasilnya kurang maksimal. Kenaikannya paling 1 sampai 1,5 HP, cuma kalau motornya sudah bore up dan spesifikasi tinggi, bisa sampai 2 HP peningkatannya," ujar William saat ditemui beberapa waktu lalu di Bekasi, Jawa Barat.

Sementara itu, tentunya terdapat resiko yang harus dipikirkan kembali oleh para pengguna motor yang telah memodifikasi throttle body model down draft. Karena tenaga yang meningkat membuat komponen standar dari mesin menjadi tidak tahan lama. Di sisi lain, modifikasi ini juga membuat konsumsi bahan bakar sepeda motor menjadi lebih boros.

Istimewa

"Karena sudah naik performanya, jadi begitu dinaikkin membuat komponen lain yang standar jadi lemah. Kalau boros ya pasti namanya udara nambah, bahan bakarnya juga harus ditambahin. Pasti lebih boros," ungkap William.

"Resiko lain juga begitu dia down draft, berarti harus open filter. Kalau open filter, debu segala macamnya bisa masuk gitu dengan sangat-sangat bebas. Debu masuk, kalau ada batu lompat bisa masuk, resikonya gitu," lanjutnya.