Tantangan Paling Sulit Bikin Viar Karya 100 Jadi Moger Menurut Atenx

Tantangan Paling Sulit Bikin Viar Karya 100 Jadi Moger Menurut Atenx

Katros Garage yang dimiliki oleh Andi Akbar alias Atenx berhasil mengubah motor komersial roda tiga menjadi sebuah motor gerobak atau Moger. Bahan motor roda tiga yang digunakan adalah Viar Karya 100 yang merupakan kendaraan komersial. Lantas bagian mana yang paling sulit untuk dimodifikasi?

Atenx mengaku kesulitan untuk memodifikasi bagian depan dari Viar Karya 100. Karena dibentuk agar memiliki kabin, membuat Atenx harus menambahkan beberapa komponen. Di antaranya seperti tambahan sasis depan untuk menopang bodinya.

Foto: Brian

"Paling susah sih banyak di bagian depan, terutama sasis ya. Karena kalau belakangnya kan sudah mengikuti dari motornya aja. Tapi depannya kan sebenarnya motor, bukan ada body seperti ini. Jadi harus bikin sasis baru, harus dihitung segala macem," ujar Atenx ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

Bagian body depan dari Moger juga menjadi pertimbangan Atenx. Pasalnya, motor komersial ini diciptakan untuk mengangkut beban di begian belakang. Sementara bagian depannya tidak dirancang untuk menahan beban, terutama dengan body layaknya sebuah mobil.

Foto: Brian

"Makanya di depan itu pakai plat galvanis yang ukurannya 0,8 mm. Biasanya kan pakai ukuran 1 mm atau 1,2 mm, tapi setelah dipikir lagi akan terlalu berat. Makanya pilih ukuran 0,8 mm agar bagian depan tidak terlalu berat," pungkasnya.

Pengerjaan Moger sendiri diakui Atenx memang cukup lama, karena project tersebut hanya sekedar iseng belaka. Beberapa kendala seperti pandemi dan ramainya bengkel turut menghalangi proses pembuatan Moger. Namun pada akhirnya, motor roda tiga yang kerap dipandang sebelah mata itu akhirnya memiliki wujud yang sangat menarik.