Daihatsu Pernah Buat Ayla Turbo Berkekuatan 200 PS, Apa Saja Ubahannya?

Daihatsu Pernah Buat Ayla Turbo Berkekuatan 200 PS, Apa Saja Ubahannya?

Beberapa tahun lalu, Daihatsu pernah membuat Ayla yang dipasangkan komponen turbo. Mobil ini pertama kali diperkenalkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam ajang Gaikindo Indonesia Interntional Auto Show (GIIAS) 2018. Lantas apa saja ubahan dari mobil LCGC tersebut?

Ayla Turbo yang dimodifikasi langsung oleh Daihatsu ini masih menggunakan mesin 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc. Demi menambah performa, Daihatsu menyematkan turbocharger. Mesin tersebut disematkan turbocharger dengan spesifikasi Turbo A/R 0,5 dan Compressor A/R 0,6.

Daihatsu mengklaim ubahan tersebut membuat Ayla mampu menumpahkan tenaga sebesar 200 PS dan torsi 242 Nm. Bahkan hasil tes akselerasinya diungkap 0-100 km/jam memakan waktu hanya 10,3 detik saja. Angka tersebut disebutkan lebih cepat 2 detik dari versi standarnya yang membutuhkan 12,6 detik.

Foto: Brian

Beberapa komponen lain juga disematkan untuk mendukung Ayla Turbo, seperti suspensi coil over untuk balap, roll bar, hingga jok balap Sparco. Beberapa komponen pendingin kabin juga dilepas untuk mengurangi bobot kendaraan. Bagian speedometer juga diganti dengan merek aftermarket Haltech.

Bagian kaca samping diganti menggunakan bahan yang lebih ringan, kemudian kaki-kakinya menggunakan pelek 15 inci alumunium yang dipadu ban Achiles. Ban yang dipilih menggunakan ukuran 195/50 baik di depan maupun belakang. Sementara di sisi pengereman mengandalkan merek aftermarket AP Racing empat piston di depan dan satu piston di belakang.

Foto: Brian