Honda Civic FD Tampil Racing Pakai Mesin Type R!

Honda Civic FD Tampil Racing Pakai Mesin Type R!

Kebanyakan para penyuka Honda Civic generasi FD ini memilih Civic 1.8 FD1 untuk dimodifikasi. Padahal di generasi ini terdapat Civic 2.0 FD2 dengan mesin 2.000 cc yang juga bisa dimodifikasi. Entah kenapa sebagian besar owner Civic FD pasti memilih opsi pertama. 

Namun yang satu ini beda, Mr. M tetap memilih Honda Civic FD2. Mobil tersebut pun dimiliki olehnya sejak baru, namun sejak itu pula ia selalu penasaran dengan performa mesinnya. "2.000 cc rasanya nanggung, pengin lebih kencang lagi gimana caranya ya?," pikirnya ketika itu.

Foto: bautenam

Akhirnya ia mulai mencoba memodifikasi mesin Honda Civic FD2 beberapa kali, tapi tidak pernah terpuaskan. Ia pun segera memilih opsi terakhir yaitu engine swap. Tak tanggung-tanggung, mesin Civic Type R pun langsung jadi pilihannya. "Saya pakai head K20A dan blocknya K24A," ucapnya.

Mesin Type R pun disematkan pada Honda Civic FD2, namun tetap diberikan peningkatan lagi di jeroannya supaya semakin kencang. "Nah, ini baru kencang yang sebenarnya, gasnya lebih responsif!" serunya.

Foto: bautenam

Karena performa mesin sudah jauh diatas standarnya, suspensi dan rem dari Honda Civic FD2 harus ditingkatkan. Mr. M mengganti pelek bawaan dengan Volk Rays TE37SL 18 inci, coilover Tein Flex Z FD2R, dan beberapa part suspensi high performance yang membantu membuat mobil lebih stabil ketika bermanuver.

Soal pengeremannya, Honda Civic FD2 mengandalkan Big Brake Kit (BBK) dari Brembo dengan rotor dan kampas rem Project Mu juga sudah dipasang. Ini baru modif yang benar, masih memperhitungkan safety ya!

Foto: bautenam

Untuk modifikasi eksteriornya, tentu saja bodykit Honda Civic Type R mulai dari bumper depan belakang, sideskirt jadi pilihan Mr. M. Bahkan ia juga ganti fender asli dengan Feels fender triangle dan sideskirt extention. "Saya pakai fender Feels ini supaya bisa pakai pelek yang lebih lebar," jelasnya.

Terakhir modifikasi di kabinnya, jok Recaro OEM Honda Civic Type R FD2R sudah terpasang rapi berikut setir carbon dan speedometer custom Type R. beberapa panel karbon pada area tuas transmisi, doortrim, hand brake, juga panel AC melengkapi modifikasi di interior. 

Modifikasi lengkap di hampir semua bagian memang selalu menyenangkan!