Kisah Restorasi Suzuki Katana Tahun 1995, Pertahankan Gaya Retro!

Kisah Restorasi Suzuki Katana Tahun 1995, Pertahankan Gaya Retro!

Suzuki Katana adalah mobil off-road yang diproduksi sejak tahun 1968 oleh Suzuki dan mulai diluncurkan di pasar Indonesia pada tahun 1984. Mobil ini cukup legendaris sehingga tidak asing lagi bagi para pecinta otomotif dan off-roader. Terlebih Katana sangat dapat diandalkan dan perawatannya terbilang tidak mahal, apalagi untuk anak muda.

Seperti Defghi Prahsya atau kerap dipanggil Defghi yang memiliki Suzuki Katana keluaran tahun 1995 varian GX. Defghi memilih Katana menjadi salah satu mobil hobi, dikarenakan kenangan masa kecilnya bersama mobil tersebut.

Foto: Enzo

“Kenapa saya ngambil Katana karena merasa pernah punya memori sama katana pas masih kecil, emang dulu pas masih kecil punya Katana terus emang sering naik Katana juga, selain itu juga saya juga emang suka modelnya,” Ujar Defghi saat ditemui OtoMods Selasa (21/6) kemarin.

Konsep mobil Suzuki Katana Defghi adalah mempertahankan orisinalitas mobil tersebut dengan sedikit modifikasi agar tampil berbeda. Katana miliknya sudah mendapatkan restorasi pada bagian mesin di antaranya ganti platina, kondensor, timing belt, ganti busi, perbarui engine mounting. Pada bagian kaki kaki dan suspensi juga sudah mendapatkan restorasi.

Perihal modifikasi Defghi sendiri sudah mengganti jok depan Katana miliknya menjadi Recaro LX Monza jaring. Menariknya, Defghi memasang cover ban serep yang ditempel di bagian belakang dengan cover iklan Bisolvon. Modifikasi ini dilakukan oleh Defghi agar semakin terlihat seperti Katana pada tahun 90 an.

Enzo

“Sebenernya pada dasarnya untuk Katana memang saya sebisa mungkin mempertahankan komponen komponen originalnya, karena emang konsepnya pengen keliatan kayak Katana pada jaman tahun 90 an gitu,” Lanjut Defghi.