Mazda2 Dibikin Kencang Pakai Turbo, Tenaga Tembus Lebih Dari 200 DK!

Mazda2 Dibikin Kencang Pakai Turbo, Tenaga Tembus Lebih Dari 200 DK!

Mazda2 model lama memang tidak banyak diminati oleh para pecinta roda empat saat ini. Meski demikian, bukan berarti mobil hatchback yang satu ini tidak memiliki potensi untuk dimodifikasi. Seperti yang satu ini Mazda2 model lama bergaya street racing telah melakukan peningkatan di sektor mesinnya.

Dilansir dari XO-Autosport, Mazda2 lama ini masih mengandalkan mesin berkode MZR dengan tenaga 103 dk pada 6.000 rpm dan torsi 135 Nm pada 4.000 rpm. Namun dengan sejumlah peningkatan di beragam sektor, tenaganya mampu mencapai lebih dari 200 dk. Kira-kira apa saja ubahan dari hatchback Jepang tersebut?

Foto: XO-Autosport

Ubahan yang paling membuat tenaga Mazda2 ini meningkat secara signifikan adalah pemasangan turbo IHI B52 milik Subaru Impreza. Turbo tersebut dipadukan dengan Westgate HKS GT dan upgrade silinder head. Peningkatan lainnya dilakukan lewat penyesuaian sistem bahan bakar yang mengandalkan noozle 2JZ-GTE VVT-i, intercooler HKS, dan Blow Off Valve HKS SSQV.

Semua peningkatan di sektor mesin Mazda2 itu dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Bukan transmisi manual biasa, karena bagian kopling sudah menggunakan komponen dari Cusco Twin Plate. Dengan segenap ubahan-ubahan tersebut, mobil tua ini mampu menghasilkan tenaga 222 dk.

Foto: XO-Autosport

Peningkatan pada mesin Mazda2 ini tentunya harus diimbangi dengan kekuatan di sektor kaki-kakinya. Oleh karenanya, shockbreaker Tein Super Compact pun dipasangkan untuk meningkatkan handling dan rigiditas. Suspensi tersebut dikawinkan dengan pelek Volk Rays VR-G2 berukuran 16 inci dengan lebar 6,5 inci.

Tak berhenti sampai disitu, ban Bridgestone Potenza RE111 berukuran 205/45 di depan dan 205/50 di belakang pun turut dipasang ke Mazda2 ini. Ditambah dengan pengereman kaliper Willwood Dynapro 4 pot dan rotor 230 mm juga menjadi peningkatan dari segi pengeremannya.