Mazada RX-7 Rob Dahm Pakai 4 Rotor Tembus 1.145 Hp di Mesin Dyno!

Mazada RX-7 Rob Dahm Pakai 4 Rotor Tembus 1.145 Hp di Mesin Dyno!

Jika yang senang dengan dunia modifikasi mobil pasti tidak asing dengan nama Rob Dahm. Pria yang satu ini mencoba membangun Mazda RX-7 dengan 4 rotor. Kabar terbaru dari perkembangan mobilnya adalah telah dites di atas mesin dyno dan menghasilkan tenaga yang luar biasa.

Dilansir dari Carscoops, Rob Dahm memiliki Mazda RX-7 FD standar dengan mesin 1.300 cc twin-turbocharged. Mesin tersebut sudah cukup bertenaga dengan menghasilkan 252 hp dan torsi sekitar 294 Nm. Namun pabrikan sempat membuat Mazda 787B empat rotor untuk Le Mans, hal inilah yang menginspirasi Dahm.

Foto: Carscoops

Rob Dahm pun membuat Mazda RX-7 FD miliknya agar sama seperti 787B. Mesinnya menggunakan 4-rotor turbocharge yang disalurkan ke roda belakang lewat penggerak AWD dari Nissan GT-R. Sebenarnya mobil ini sudah dipajang di SEMA Show tahun lalu, kini mobil tersebut pun dites di atas mesin dyno.

Pada percobaan pertama, Rob Dahm mencoba tekanan 10 psi. Kemudian dinaikan secara bertahap hingga ke 35 psi. Dari hasil paling terakhir, tercatat tenaga yang dihasilkan dari Mazda RX-7 FD 4-rotor itu mencapai 1.145 hp dan torsi 1.254 Nm di keempat rodanya.

Foto: Carscoops

Angka tersebut tentunya sangat mengesankan, mengingat Mazda 787B Le Mans hanya menghasilkan 900 hp. Namun selama balapan hanya dibatasi pada 700 hp saja.

Sebagai tambahan informasi, Rob Dahm membangun Mazda RX-7 FD ini dalam jangka waktu yang sangat lama. Pria asal Amerika ini membangun mobilnya sudah lebih dari 6 tahun. Namun dengan hasil yang dicapai, tentunya menjadi kepuasan tersendiri.