Mesin Nissan Z 2023 Dibikin Lebih Bertenaga, Catat 9 Detik di Drag 402 Meter!

Mesin Nissan Z 2023 Dibikin Lebih Bertenaga, Catat 9 Detik di Drag 402 Meter!

Nissan Z 2023 menjadi penerus fairlady yang telah diluncurkan secara global, namun tak kunjung sampai di Indonesia. Meskipun terbilang masih baru, terdapat sejumlah tuner di Amerika yang berusaha meningkatkan potensi dari sportscar tersebut. Sebut saja tuner AMS Performance melakukan rombakan yang cukup banyak di mesin VR30DDTT untuk membuatnya lebih bertenaga.

Dilansir dari Motor1, AMS Performance sebelumnya telah membuat Nissan Z 2023 bertenaga 500 Hp. Namun angka tersebut dirasa masih kurang menunjukkan potensi maksimal dari mesinnya. Bahkan catatan waktu 402 meter dengan ubahan awal tersebut hanya 11,43 detik saja yang dirasa kurang memuaskan.

Foto: Motor1

Ubahan paling mendasar untuk meningkatkan tenaganya adalah pemasangan satu set Pure 800 turbo ke mesin Nissan Z 2023. Kemudian beberapa perangkat lain dari AMS Performance pun turut dipasangkan, seperti intake, Heat Exchanger, Knalpot Full System, Intercooler, Flex Fuel Kit, High dan Low Pressure Fuel Pump. Tak berhenti sampai disitu Inline Fuel filter dan Fuel Pressure Sensor lengkap dengan Stage 2 VR30 Injectors dari AMS juga turut terpasang.

Dengan peningkatan di sektor mesin tersebut, tercatat Nissan Z mampu menempuh 402 meter dalam kurun waktu 9.92 detik saja. Jarak tersebut pun ditempuh dalam kecepatan maksimal mencapai 137 Mph atau setara 220 Km/jam. Meski belum dilakukan tes dyno pada modifikasi terbaru ini, namun diperkirakan tenaganya mampu mencapai 700 WHP.

Foto: Motor1

Karena tenaga yang semakin kuat, sejumlah komponen kaki-kaki Nissan Z 2023 pun turut dirombak oleh AMS Performance. Di bagian suspensi mengandalkan coilover SPL Suspension Links. Kemudian peleknya diganti menjadi model Y-Spoke yang dibalut dengan ban Hoosier D06 Tires 28".

Di bagian eksterior memang tidak banyak ubahan dari Nissan Z 2023 ini. Bahkan warna yang digunakan pun masih sama seperti bawaan dari pabrikan. Tampaknya AMS Performance masih fokus pada spesifikasi dan raihan tenaga dari sportscar Jepang ini.