Mobil Audi A8 L Presiden Arab Dibikin Lebih Kuat Anti Peluru!

Mobil Audi A8 L Presiden Arab Dibikin Lebih Kuat Anti Peluru!

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali menghadirkan banyak pemimpin dunia. Pengamanan ekstra ketat pun dilakukan, tak terkecuali mobil yang digunakan para pemimpin dari negara lain. Salah satunya adalah Presiden Uni Emirat Arab (UAE) Syekh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan yang menggunakan Audi A8 L.

Dilansir dari Motor1, Audi A8 L yang digunakan Presiden UAE telah dimodifikasi untuk meningkatkan ketahanannya. Mobil ini pun memakan waktu 400 jam untuk pemasangan sistem keamanan. Dengan tambahan keamanan tersebut, bobot mobil pun menjadi 3.875 kilogram.

Foto: Motor1

Sejumlah fitur keamanan pun dipasangkan, mulai dari anti peluru, penembak jitu, hingga granat tangan. Kemudian terdapat sistem pemadam kebakaran yang terdapat di bagian bawah mobil. Kotak lapis baja juga terpasang di bagas yang berisi komponen elektronik berupa interkom dengan baterai tambahan.

Laporan menyebutkan, mobil Audi A8 L ini telah diuji oleh otoritas ketahanan sebagai pengujian. Dalam situasi terburuk, mobil masih dapat melarikan diri dengan keadaan ban rusak berat berkat sistem run-flat. Dengan sistem tersebut, mobil dapat berlari dengan kecepatan 50 mph untuk jarak maksimal 50 mil.

Foto: Motor1

Audi A8 L ini memiliki sistem piroteknik onboard yang dapat diaktifkan. Fitur ini dapat merobek engsel antara pintu dan bodi mobil ketika dalam kondisi macet dan pintu tidak dapat dibuka secara normal. Bahkan terdapat sistem penutup udara jika terdeteksi polusi tinggi, setelah itu terdapat sistem ventilasi udara cadangan.

Dari segi mesin, Audi A8 L ini dibekali mesin V8 twin-turbo yang memiliki tenaga 563 hp dan torsi 799 Nm. Dengan bobotnya yang berat, mobil tetap dapat melaju 0-100 km/jam dalam 6,3 detik saja. Sementara untuk harganya, mobil ini dijual sebesar USD 750.000 atau setara Rp 11 Miliar.