Mobil Balap Fitra Eri Catatkan Waktu 2 Menit 2 Detik di Sirkuit Mandalika

Mobil Balap Fitra Eri Catatkan Waktu 2 Menit 2 Detik di Sirkuit Mandalika

Honda City Hatchback akan diandalkan Fitra Eri dalam balapan Honda One Make Race Indonesia Touring Car Race 1500. Mobil yang diluncurkan di tahun 2021 kemarin itu akan menggantikan Honda Jazz. Sejumlah modifikasi pun telah dilakukan pada City Hatchback tersebut, lantas berapa peningkatan tenaganya?

Taqwa Suryo Swasono selaku tuner dari Garden Speed menyebutkan sejumlah modifikasi pada Honda City Hatchback. Taqwa menyebutkan modifikasi di mesin dilakukan sesuai dengan regulasi balap yang diikuti. Kemudian beberapa modifikasinya pun mampu mendongkrak performa.

"Kalau untuk mesin, kita ubah flywheel kita sesuaikan lagi beratnya, diringankan sudah pasti. Kemudian hal lainnya seperti balancing di piston, setang piston, crankshaft. Tapi tetap menggunakan komponen standarnya," ujar Taqwa ketika ditemui OtoMods di Sirkuit Mandalika beberapa waktu lalu.

Foto: Brian

Sisanya Taqwa hanya melepas filter udara, mengganti knalpot, dan remap ECU standarnya. Dengan ubahan tersebut, kenaikan dari tenaga yang dihasilkan pun cukup besar. Taqwa sendiri mengaku peningkatan tenaga terjadi hingga 20% dibandingkan versi standarnya.

Dengan ubahan-ubahan tersebut, Fitra Eri mampu memutari satu lap Sirkuit Mandalika dengan catatan waktu 2 menit 7 detik. Kemudian catatan waktu tersebut diperbaiki dengan hasil terbaik 2 menit 2 detik saja.