Modifikasi Double Cabin Nissan Navara Jadi Motorhome, Ada Dapur dan Tempat Tidur

Modifikasi Double Cabin Nissan Navara Jadi Motorhome, Ada Dapur dan Tempat Tidur

Nissan Navara merupakan salah satu double cabin yang pernah dipasarkan untuk konsumen Indonesia. Mobil yang satu ini termasuk memiliki banyak peminat untuk dimodifikasi. Menariknya, modifikasi yang kami temukan kali ini adalah merubahnya menjadi sebuah motorhome lengkap dengan fasilitas pendukung untuk berkemah.

Nissan Navara yang dimodifikasi menjadi motorhome ini ditemui OtoMods di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di booth Karoseri Laksana di Hall 8. Mobil yang satu ini dipajang oleh Laksana sebagai kreasi terbaru mereka disaat pandemi menerjang. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Stefan Arman selaku Direktur Teknik Laksana.

Foto: Brian

"Jadi kan kami biasa membuat bus ya, kemudian di beberapa tahun kemarin pandemi itu kami sempat mengalami penurunan produksi. Kemudian kami coba buat kretifitas berupa motorhome dari mobil double cabin. Ternyata setelah kami bikin, antusias orang-orang itu cukup tinggi, jadi kami ingin teruskan kreasi tersebut," ujar Stefan ketika ditemui OtoMods di GIIAS, Jum'at (12/8).

Stefan menyebutkan, modifikasi Nissan Navara Motorhome ini tidak hanya dikerjakan oleh pihak Laksana sebagai Karoseri. Pihaknya bekerjasama dengan Baze yang membuatkan desain di bagian interiornya. Sementara Laksana hanya mengerjakan bagian bodi luar, sasis, serta penguatan di bagian kaki-kakinya.

Foto: Brian

"Jadi sebenarnya ini tuh kerjasama dengan Baze, jadi dari mereka mau bikin interior dan pernak-pernik seperti apa. Nanti setelah mereka bikin desain interior seperti apa, baru dikasih ke kami. Kami di Laksana hanya mengerjakan bodi-bodi luar, sasis, sama kaki-kakinya," pungkas Stefan.

Secara fasilitas, Nissan Navara Motorhome tersebut memiliki beragam fitur yang mendukung untuk keperluan kemah. Mulai dari tempat tidur untuk 4 orang, ruang kumpul lengkap dengan meja, dapur, dan kamar mandi. Stefan menyebutkan untuk membuat Nissan Navara menjadi motorhome tersebut membutuhkan biaya sebesar Rp 700 juta belum termasuk mobil.