Nostalgia Masa Kecil Lewat Restorasi Land Rover Seri 3 Militer

Nostalgia Masa Kecil Lewat Restorasi Land Rover Seri 3 Militer

Umumnya ketika seseorang menginginkan sesuatu yang pernah menjadi bagian dari masa lalunya, apapun caranya akan dicari untuk mendapatkannya. Karena sesuatu itu akan menjadi sarana untuk bernostalgia.

Seperti halnya mobil asal negara Inggris ini, jip yang bernama Land Rover seri 3 ini pernah mengisi hari-hari masa kecil Tommy Indratama. Apalagi Landie ini adalah mobil dinas almarhum ayahnya dulu. 

Foto: bautenam

"Ini adalah Land Rover Serie 3 Military ayah saya dulu, setiap harinya saya selalu dengan mobil ini...tiap pagi dianter sekolah ya naik Landie ini, hahaha," gelak Tommy.

Selain itu, Tommy menceritakan Land Rover seri 3 ini juga punya sejarah lain, "Landie ini pernah ikut operasi Seroja di Timor Timur di tahun '80an dulu juga, jadi mobil ini saksi sejarah," tukas Tommy dengan nada serius.

Foto: bautenam

Akhirnya, beberapa tahun pun berlalu sampai di tahun '97, Land Rover seri 3 ini pun di dum dari Angkatan Darat Indonesia dan disimpan di rumah orang tuanya di kawasan Cijantung, Jakarta Timur.

Semua bermula di awal tahun 2020 lalu, hati pria 44 tahun ini tergerak untuk membangun ulang Land Rover seri 3 kebanggaan ayahnya. "Kasihan juga lihat mobil ini terparkir di halaman rumah saja, nyaris terbengkalai," gumamnya. 

Foto: bautenam

Land Rover seri 3 itu pun dikirim ke bengkel Bakrie di Bogor dan Bintang Land Rover di Tangerang untuk direstorasi total. Tak terasa hampir 2 tahun berlalu, mobil ini sudah 'hampir' selesai dibangun. 

Sekarang Land Rover seri 3 ini jadi mobil kebanggan Tommy selain koleksi jipnya yang lain. "Landie ini selalu akan ada disini, karena nilai historynya yang tak terbayarkan," ucapnya ketika ditemui di garasi rumahnya di kawasan Rempoa, Ciputat. Nice story!