Nyaris Tembus 300 BHP, Honda Civic Turbo Ini Masih Nyaman Buat Harian

Nyaris Tembus 300 BHP, Honda Civic Turbo Ini Masih Nyaman Buat Harian

Honda Civic Turbo milik Mr. O ini termasuk yang lengkap modifikasinya. Mulai dari eksterior, mesin, under carriage, interior, sampai ke audionya semua sudah dimodifikasi.

"Memang konsep modifikasi mobil ini yang penting tetap harus bisa digunakan sehari-hari, masih nyaman, dan performa kencang," ujar Mr. O. Awalnya ia merombak bagian suspensi dan pelek dari Honda Civic Turbo, lalu tampilan eksterior dengan beberapa parts add on.

Foto: bautenam

Puas dengan tampilan eksterior Honda Civic Turbo, modifikasi mesin dengan tujuan memaksimalkan performanya pun jadi giliran berikutnya. Ia mendapatkan hasil tuning yang diinginkannya di SS Performance Shop di Bandung.

"Saya berdiskusi dengan Teddy mengenai penggantian turbo dan perangkat dastek unichip untuk hasil yang lebih maksimal dengan konsep tetap harus daily driven," jelasnya.

Foto: bautenam

Akhirnya turbo hybrid dengan racikan khusus dari SS Performance Shop dan Dastek Unichip X berikut part performa lainnya langsung dipasang di Honda Civic Turbo. "Semua part performanya saling mendukung, pastinya juga masih enak dipakai harian," jelas Teddy.

MR.O pun langsung puas dengan hasil final tuning yang menghasilkan tenaga di 291,9 bhp dan torsi 363,6 Nm. "Dengan power mesinnya yang meningkat tajam, masih sangat nyaman untuk harian, nggak ada lag, dan terbilang cukup irit untuk dalam kota dengan 1 liter untuk 8,5 km," seru Mr. O. 

Foto: bautenam

Selain mesin, ia juga sudah mengganti pelek standar Honda Civic Turbo pakai Volk Rays CE28N 18 inci. Dengan set up kaki-kaki yang membuat mobil ini jadi lebih rigid ketika bermanuver. "Suspensi yang stabil itu penting," bilangnya.

Rem standar Honda Civic Turbo juga sudah diganti dengan Big Brake Kit Brembo agar pengeremannya lebih mantap. "Sama seperti suspensi, pengereman juga harus ditingkatkan kalau mesin sudah kencang," ujar Mr. O.

Foto: bautenam

Terakhir, di interior Honda Civic Turbo ia juga melakukan rombakan di audio agar lebih nyaman ketika beraktifitas dengan settingan SQ. "Panel karbon di dasbor itu sebagai pelengkap, setir juga sudah saya ganti yang karbon biar makin sporty," bilangnya.