Proses Pembuatan Nissan Navara Motorhome, Berapa Harganya?

Proses Pembuatan Nissan Navara Motorhome, Berapa Harganya?

Nissan Navara yang dimodifikasi menjadi sebuah motorhome telah kami beritakan beberapa waktu lalu. Secara modifikasi eksterior, interior, hingga gambar detil telah kami publikasikan. Lantas jika ingin membuat mobil motorhome, berapa biaya yang dibutuhkan dan bagaimana prosesnya?

Stefan Arman selaku Direktur Teknik Karoseri Laksana menyebutkan untuk membuat sebuah motorhome tidak hanya dikerjakan oleh pihaknya sendirian. Stefan menyebutkan, terdapat kerjasama dengan Baze yang membuat desain di bagian interiornya. Sementara untuk pengerjaan bodi, sasis, dan penguatan mobil baru diserahkan kepada Laksana.

Foto: Brian

"Jadi sebenarnya ini tuh kerjasama dengan Baze, jadi dari mereka mau bikin interior dan pernak-pernik seperti apa. Nanti setelah mereka bikin desain interior seperti apa, baru dikasih ke kami. Kami di Laksana hanya mengerjakan bodi-bodi luar, sasis, sama kaki-kakinya," ujar Stefan ketika ditemui OtoMods di GIIAS 2022.

Sehingga secara Stefan prosesnya melalui Baze terlebih dahulu agar menyesuaikan dengan keinginan konsumen. Setelahnya, pengerjaan di Karoseri Laksana disesuaikan dengan spesifikasi yang datang dari Baze. Stefan sendiri mengaku pengerjaannya jika dalam kondisi normal hanya memakan waktu selama 3 bulan.

Foto: Brian

"Pengerjaan itu kalau normal ya 3 bulan lah, itu kalau lancar. Sementara mengenai harganya dibanderol Rp 700 juta, tentu itu belum sama mobilnya. Jadi konsumen datang bawa mobilnya yang ingin dijadikan motorhome dan itu biaya modifikasinya Rp 700 juta," pungkas Stefan.

Secara fasilitas, Nissan Navara Motorhome tersebut memiliki beragam fitur yang mendukung untuk keperluan kemah. Mulai dari tempat tidur untuk 4 orang, ruang kumpul lengkap dengan meja, dapur, dan kamar mandi. Stefan menyebutkan modifikasi dari Karoseri Laksana mendapatkan garansi hingga 1 tahun.