Restorasi Toyota Celica dengan Jantung Turbo dari Volvo Bertenaga 490 WHP!

Restorasi Toyota Celica dengan Jantung Turbo dari Volvo Bertenaga 490 WHP!

Toyota Celica salah satu mobil legendaris yang pernah dipasarkan oleh pabrikan Jepang. Mobil yang terbilang tua ini, memiliki mesin yang cukup bertenaga pada masanya. Namun jika mobil ini ditemukan dalam kondisi bangkai tanpa mesin, tentu akan jadi lain cerita.

Seperti dilansir dari SpeedHunters, Toyota Celica ditemukan hanya dalam kondisi rangka dan bodinya saja oleh Kurki. Kemudian karena tidak terdapat mesin, maka mobil tua itu dicangkok mesin Volvo B5254T4 yang dibuat untuk mobil S60R dan V70R. Mesin tersebut memiliki kubikasi 2.500 cc 5-silinder segaris dengan turbocharged.

Kemudian mesin tersebut dimodifikasi kembali dengan head cilinder Volvo 850, cam 850 GLT, ball bearing turbo Garrett GT3586R, dan injektor 1.000 cc. Semua komponen tersebut turut didukung dengan sistem manajemen mesin dari VEMS. Hasilnya, mesin Volvo B5254T4 yang dipasang di Toyota Celica mampu menghasilkan tenaga 490 whp dan torsi 568 Nm.

Foto: Speedhunters

Uniknya, Kurki memasangkan logo Toyota pada mesin Volvo B5254T4 yang dapat membingungkan semua orang. Sementara untuk transmisinya menggunakan girboks 6-percepatan dari BMW E46. Sementara untuk sistem pembuangan mengandalkan knalpot berbahan baja tahan karat dengan ukuran 3,5 inci.

Mengenai modifikasi di tampilan Toyota Celica juga cukup unik karena sang pemilik mempertahankan tampilan wajah dari pemilik sebelumnya. Ubahan lainnya terdapat pada over fender selebar 90 mm di setiap sudut, duckbill depan, ducktail belakang, dan lampu yang lebih modern. Bagian suspensi dibuat lebih ceper dengan sistem air suspension Ksport.

Foto: Speedhunters

Bagian kaki-kaki dari Toyota Celica ini dipercantik dengan pelek Work Meister CR01s yang memiliki warna mint. Pelek tersebut memiliki ukuran yang belang yakni 15 inci dengan lebar 9 inci di depan dan 15 inci dengan lebar 10 inci di belakang. Keempat pelek tersebut dibalut ban Toyo Proxes R888.

Terakhir interior dari Toyota Celica ini juga tak luput dari modifikasi, meskipun tidak terlalu banyak. Mulai dari jok Honda Civic Type R EP3 yang memiliki model sport modern. Kemudian bagian dasbor dibuat dengan serat karbon dengan beberapa alat pengukur aftermarket.