Towbar dan Bike Rack Jadi Tren Modifikasi Saat Pandemi

Towbar dan Bike Rack Jadi Tren Modifikasi Saat Pandemi

Selama pandemi virus Covid-19, aktivitas bersepeda semakin digemari oleh masyarakat. Menariknya, tingginya aktivitas bersepeda diiringi dengan modifikasi towbar dan penambahan bike rack pada mobil. Hal tersebut disampaikan langsung oleh I Wayan Siu Kumara selaku pemilik bengkel WBar Customs.

Wayan sapaan akrabnya mengaku banyak mengerjakan towbar dan bike rack saat bersepeda semakin digemari masyarakat. Pemasangan towbar dan bike rack yang dikerjakannya pun bukan hanya pada mobil bertemakan off-road, bahkan ke mobil premium sekalipun. Sementara untuk bike rack, Wayan mengaku mengandalkan merek atau produsen lain.

Foto: Brian

"Banyak yang main sepeda, jadi kita sebenarnya bikin untuk semua dari yang Palisade, BRV, Tiguan, Camry, Mercedes-Benz, bahkan Alphard saja kami bikinin towbarnya. Jadi ibaratnya kami bikin yang toko enggak siapin," ujar Wayan ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

"Jadi bisa bikin towbar, tapi nanti bike rack-nya terserah konsumen. Apakah mau beli sendiri dibawa kesini, terus dipasangin bisa, atau mau diserahkan ke WBar Customs juga bisa ditarik kesini," lanjutnya.

Foto: Brian

Wayan mengaku towbar secara garis besar dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan. Mulai dari lampu rem tambahan, towing, tarik trailer dan lainnya. Namun pada mobil baru, menurutnya terdapat keterbatasan dan hanya bisa digunakan untuk bike rack saja.

"Jadi sebenarnya towbar itu harus bisa untuk towing, bisa untuk bike rack, untuk lampu rem, tambah narik trailer, itu harus bisa. Jadi kalau mobil baru, kami bilang cuma bisa buat bike rack. Kalau mobilnya juga bisa buat fungsi lainnya, kami akan bilang," pungkasnya.