Banyak Yang Enggak Tahu, Ban Dual Purpose Lebih Aman Digunakan Saat Hujan!

Banyak Yang Enggak Tahu, Ban Dual Purpose Lebih Aman Digunakan Saat Hujan!

Musim hujan mulai melanda sejumlah daerah di Indonesia, tak terkecuali di Ibukota. Tentunya kondisi ini memerlukan perhatian khusus, terutama bagi para pengendara sepeda motor. Namun banyak yang belum tahu, kalau ban dual purpose memiliki efektivitas di atas air yang lebih baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Dodi Yanto selaku Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk. Ban dual purpose memang memiliki karakter yang dapat digunakan di jalanan beraspal dan tanah. Namun siapa sangka, ban tersebut dapat memiliki fungsi yang lebih baik saat melewati genangan air.

"Ban dual purpose dapat menangani genangan air lebih baik lagi. Karena buangan airnya lebih banyak," ujar Dodi saat ditemui awak media beberapa waktu lalu.

Istimewa

Menariknya, Dodi menjelaskan jenis kompon ban tidak terpengaruh pada daya cengkram di jalanan basah. Saat melewati jalan basah, Dodi lebih mementingkan soal tekanan angin yang tepat. Menurutnya tekanan angin yang tidak pas dapat membuat pengendara motor kehilangan traksi dan terpeleset.

"Ngeri itu kalau ban biasa terkena hujan dan tekanan anginnya enggak pas. Itu biasanya banyak yang bikin kepleset," pungkas Dodi.

Sebagai tambahan informasi, biasanya ban dual purpose banyak digunakan pada motor trail seperti KLX150, CRF150L, dan WR 155R. Di sisi lain, biasanya ban seperti ini juga diandalkan dalam motor-motor kustom dengan konsep tracker dan scrambler. Namun beberapa produsen ban tetap menghadirkan pilihan ban dual purpose baik untuk motor matic maupun bebek.