Bedah Kaki-Kaki Yamaha XMax, Pakai Full Suspensi YSS Seharga Belasan Juta!

Bedah Kaki-Kaki Yamaha XMax, Pakai Full Suspensi YSS Seharga Belasan Juta!

Yamaha XMax menjadi salah satu skuter Maxi yang hadir di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022. Menariknya di booth TDR dan YSS, terdapat versi modifikasi dari skutik bongsor yang satu ini. Jika sebelumnya OtoMods telah membahas dari segi mesin, kali ini kaki-kakinya juga enggak kalah menarik loh.

Jeffrey Willar Marketing Manager Mitra 2000 menyebutkan Yamaha XMax tersebut menggunakan kaki-kaki full dari YSS. Seperti di bagian depan meskipun suspensinya terlihat standar, namun komponen di dalamnya sudah menggunakan komponen YSS. Menurutnya suspensi depan hanya perlu mengganti bagian dalamnya saja.

Foto: Brian

"Suspensi sudah diupgrade, kenapa kita dalamnya saja, karena banyak orang bertanya, Luar kan hanya cover saja, komponen di dalamnya itu kan yang penting. Jadi kita pengen konsumen beli yang mereka butuhkan saja, bisa dibilang kita punya spring, PD Valve, dan preload," ujar Jeffrey saat ditemui di IMOS 2022 beberapa waktu lalu.

Jeffrey menjelaskan ketiga komponen di dalam suspensi depan Yamaha XMax tersebut memiliki fungsi berbeda. Pada PD Valve dapat menahan laku naiknya per alias spring agar menjadi lebih lambat. Kemudian preload di bagian atas dapat diatur agar kompresi suspensi menjadi lebih keras atau lebih empuk.

Foto: Brian

Sementara untuk kaki-kaki belakang Yamaha XMax ini juga sudah diganti dari suspensi standarnya. Jeffrey menuturkan, suspensi belakang menggunakan YSS G-Racing. Komponen yang satu ini memiliki setelan penuh yang dapat diatur sesuai kebutuhan penggunanya.

Menariknya secara harga, komponen-komponen di atas tersebut memiliki banderol yang cukup fantastis. Yamaha XMax Front Fork Kit Upgrade dijual dengan harga Rp 3 jutaan. Sementara pada YSS G-Racing dijual dengan harga mencapai Rp 18 jutaan.