Bukan Cuma Petualang, Honda ADV 160 Bisa Dibikin Racing Loh

Bukan Cuma Petualang, Honda ADV 160 Bisa Dibikin Racing Loh

Honda ADV 160 merupakan skutik bergaya petualang yang diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu lalu. Modifikasi pada skutik ini banyak yang mengarah ke gaya petualang ataupun touring. Namun tak disangka, ternyata skutik yang satu ini juga bisa dibuat dengan gaya racing loh.

Seperti inspirasi modifikasi yang ditampilkan AHM pada Honda ADV 160 bernama Street Sporty. Modifikasi yang satu ini membuat tampilannya sangat berbeda daripada versi standarnya. Karena bergaya racing, maka tidak heran banyak komponen pendongkrak performa pada motor yang satu ini.

Ubahan paling terlihat adalah dari segi warna, Katros Garage selaku pembuat konsep mengandalkan beberapa paduan. Mulai dari warna bunglon hijau ke biru yang sangat mendominasi bodi dan dipadukan dengan warna abu-abu di beberapa panel. Kemudian sejumlah panel seperti bodi samping, winglet, hingga ke cover tail menggunakan karbon forged.

Foto: Brian

Di bagian wajahnya Honda ADV 160 Street Sporty ini tidak lagi menggunakan windshield pabrikan, melainkan menggunakan aksesoris dari aftermarket yang lebih pendek. Sementara di bawah lampu terdapat winglet dengan serat karbon yang menambah kesan racing pada motor tersebut. Bagian suspensi pun sudah berubah menggunakan upside down berkelir emas dari Scarlett Racing, sementara peleknya mengandalkan warna abu-abu sewarna dengan bodi.

Lanjut ke bagian kemudi, Honda ADV 160 Street Sporty sudah tidak lagi mengandalkan setang fat bar. Melainkan menggunakan setang balap yang mirip dengan motor sport fairing. Di setang ini beberapa komponen modifikasi juga dilakukan seperti handgrip RCB, spion bar end Rizoma, dan master rem RCB E1 Oval.

Foto: Brian

Sementara di bagian belakang, Honda ADV 160 Street Sporty sudah mengganti spatbor menggunakan model tail tidy. Kemudian suspensinya didukung oleh RCB Black series dengan subtank. Sementara di bagian knalpot mengandalkan komponen dari Arrow.

Honda ADV 160 Street Sporty juga sudah tak menggunakan ban standar lagi, melainkan menggunakan ban Bridgestone Battlax. Ban yang digunakan pun cukup lebar yakni 130/80-14 di depan dan 140/70-13 di belakang. Sementara untuk pengereman mengandalkan kaliper RCB di depan dan kaliper standar di belakang.