Mau Honda ADV150 Pakai Kaki-Kaki Besar? Apa Saja Ubahannya?

Mau Honda ADV150 Pakai Kaki-Kaki Besar? Apa Saja Ubahannya?

Honda ADV150 merupakan skutik bergaya petualang yang diluncurkan sejak tahun 2019 lalu. Motor yang satu ini kerap dimodifikasi untuk gaya sebuah motor touring. Namun siapa sangka, motor petualang ini juga cocok dimodifikasi dengan kaki-kaki yang lebih besar alias gambot.

Seperti Honda ADV150 yang dikerjakan Andi Akbar alias  Atenk Katros, bagian kaki-kakinya menggunakan ban berukuran 120/70 di depan dan 150/60 di belakang. Kedua ban tersebut menggunakan diameter pelek ring 14 inci. Lantas apa saja ubahan-ubahannya agar dapat menggunakan spesifikasi tersebut?

Atenk mengaku mengandalkan pelek jari-jari agar dapat menggunakan ukuran ban yang lebih lebar. Karena menggunakan pelek jari-jari otomatis ban yang digunakan masih memiliki ban dalam. Sementara di bagian tromol, mengandalkan merek aftermarket untuk Honda PCX.

Foto: Brian

"Sebenarnya pilihan ban tersebut disesuaikan sama kemampuan si CVT-nya saja. Karena CVT-nya ADV150 mentok pakai ban tapak 150760, makanya dipilih pakai itu. Kalau lebih dari itu pasti mentok sama CVT," ujar Atenk ketika ditemui oleh OtoMods.

"Kalau peleknya pakai jari-jari mengandalkan tromol PCX aftermarket. Peleknya sendiri di depan lebar 3,5 inci yang dibalut ban 120/70 ring 14 inci. Di bagian roda depan paling ditambah adaptor agar tromol PCX bisa nyambung ke disc brake rem depan saja," lanjutnya.

Foto: Brian

Sementara untuk bagian belakang, terdapat cukup banyak pengerjaan, dimulai dari engine mounting yang dibuat lebih mundur 9 cm. Menurut Atenk, hal ini perlu dilakukan karena melihat X-ADV 750 yang memiliki posisi ban lebih mundur dari bodi motor. Sehingga memberikan tampilan yang lebih agresif dan gambot.

"Kalau kaki-kaki belakang sih pakai pelek 4,5 inci, ban-nya pakai 150/60 ring 14 juga. Kendalanya ada di disc brake belakang yang kurang keluar, jadinya ditambahin spacer lagi. Sisanya hanya menyesuaikan posisi shock kanan dan arm standarnya supaya lebih keluar," pungkasnya.