Modifikasi Ekstrim, Honda Supra X Jadi Dua Silinder 250 cc!

Modifikasi Ekstrim, Honda Supra X Jadi Dua Silinder 250 cc!

Honda Supra X 125 merupakan motor bebek berkapasitas 125 cc yang dipasarkan di Indonesia. Hadir selama beberapa generasi, motor bebek yang satu ini cukup legendaris. Namun tampaknya dari segi performa kurang memuaskan sejumlah pihak, hingga mendapatkan ubahan menjadi 2-silinder 250 cc.

Seperti yang dilakukan Hafidz Syaifulloh yang memodifikasi Honda Supra X 125 menjadi 2-silinder 250 cc. Motor bebeknya itu dikerjakan oleh Oji Motor 2 Silinder alias OM2S. Agar mampu membuat mesin 2-silinder, bengkel tersebut melakukan penggabungan dari dua blok langsung.

Foto: Brian

"Jadi bengkelnya itu mencari lagi blok mesin dari Supra X lainnya biar bisa jadi dua silinder 250 cc. Secara pengerjaan memang saya cuma menaruh motor di bengkel OM2S dan terima jadi saja. Setelah menunggu tiga bulan, motor keluar bengkel sudah jadi dua silinder," ujar Hafidz beberapa waktu lalu di Jakarta.

Hafidz menyebutkan ubahan pada mesin motornya cukup signifikan dan terbilang ekstrim. Mengingat secara dimensi mesin menjadi lebih lebar dari standarnya. Kemudian silindernya dicor menjadi satu agar memiliki konfigurasi dua silinder segaris.

Foto: Brian

"Jadi di dalam mesinnya itu semuanya disesuaikan juga. Bagian kruk as digabung dari dua mesin dibikin jadi satu. Kemudian camshaftnya juga digabunin dari dua cam, jadi lebih panjang gitu," papar Hafidz.

Hafidz mengaku menghabiskan biaya hingga Rp 20 juta untuk membangun mesin tersebut. Angka tersebut belum termasuk motor yang dipilihnya untuk modifikasi. Sementara bengkel OM2S memberikan garansi pada mesin 2-silindernya selama 1 tahun.