Modifikasi Throttle Body Down Draft, Cuma Rp 2 Juta Bisa Tambah 2 HP!

Modifikasi Throttle Body Down Draft, Cuma Rp 2 Juta Bisa Tambah 2 HP!

Modifikasi throttle body down draft sedang menjadi tren para pecinta kecepatan di roda dua. Disebutkan bahwa dengan melakukan modifikasi tersebut, tenaga dapat meningkat dari versi standarnya. Kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan dan berapa peningkatan tenaganya?

Thomas William selaku Tuner dari Reisen Motoshop mengatakan efek menggunakan throttle body down draft adalah naiknya gas speed. Karena udara dan bensin yang masuk ke mesin tidak terjadi turbulensi. Sehingga secara langsung modifikasi ini dapat meningkatkan tenaga motor.

"Kenaikan tenaga tergantung spesifikasi motornya, standar juga bisa di down draft cuma hasilnya kurang maksimal. Kenaikannya paling 1 sampai 1,5 Hp, cuma kalau motornya sudah bore up dan spesifikasi tinggi, bisa sampai 2 hp peningkatannya," ujar William saat ditemui beberapa waktu lalu di Bekasi.

Istimewa

Mengenai pemasangan throttle body down draft, William menyebutkan membutuhkan komponen kustom. Biayanya sendiri diperkirakan mencapai Rp 2 jutaan untuk setiap pemasangan. Angka tersebut sudah termasuk ongkos pasang, setting motor, hingga dyno test sekaligus.

"Untuk throttle bodynya saja Rp 550 ribu, kemudian velocitynya Rp 550 ribu. Total jadi Rp 1,1 juga baru untuk barangnya saja. Kalau sama pemasangan, setting, dyno ya lebih kurangnya Rp 2 jutaan lah. Itu untuk semua motor," ungkap William.