Piaggio Zip Tampil Racing ThaiLook Style Bore-up 125 CC!

Piaggio Zip Tampil Racing ThaiLook Style Bore-up 125 CC!

Piaggio Zip merupakan skuter mungil bergaya Italia yang pernah dipasarkan oleh Piaggio di Indonesia. Skuter ini memiliki dimensi yang kecil, namun secara tampil sangat sporty. Menariknya, skuter ini dimodifikasi dengan aliran ThaiLook Style dan mendapatkan peningkatan dari segi kubikasi mesin.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh OtoMods, Piaggio Zip berkonsep ThaiLook Style ini digarap oleh bengkel Berkah Cahaya Matic. Sementara pemilik motor tersebut ada Zimo yang bekerja sebagai music director. Konsep ThaiLook Style dipilih karena bentuk dari Piaggio Zip sendiri kental dengan motor drag.

Foto: Istimewa

"Konsep yang kita ambil adalah ThaiLook Style dengan mempertahankan beberapa part bawaan Piaggio Zip. Jadi Italia mix dengan Thailand atau bisa disebut Drag style. Sehingga tampilan lebih jauh berbeda dengan Piaggio Zip pada umumnya. Semua part original, custom, dan aftermarket yang menempel pada Piaggio Zip ini berfungsi semua sebagaimana fungsinya," bunyi keterangan tertulis.

Modifikasi Piaggio Zip dimulai dari bagian mesin yang telah menggunakan piston 56 mm dari Kawasaki Blitz Joy. Kemudian beberapa bagian di mesin dicustom oleh Berkah Cahaya Matic, seperti boring, crankase bawah, noken as, hingga silinder head. Sementara di bagian pembuangan menggunakan knalpot dari Merk Nuke.

Foto: Istimewa

Komponen pengapian pada Piaggio Zip tersebut pun juga telah mendapatkan ubahan yang cukup banyak. Di antaranya telah menggunakan CDI dari Suzuki Shogun, koil Honda Kharisma, magnet kustom, dan karburator PWK 24 dari Scarlett Racing. Sementara di bagian kiprok telah menggunakan komponen dari Yamaha Mio yang dikustom jalur pengisiannya.

Di bagian kaki-kaki, Piaggio Zip ini mengandalkan pelek Borske dengan diameter 12 inci buatan Taiwan. Pelek tersebut dibalut ban ndegna ukuran 100/60 ring 12 inci. Sementara kaki-kaki tersebut ditopang oleh suspensi depan original, shockbreaker belakang YSS euro version Piaggio Zip, dan engine mounting dikustom lebih panjang 7 cm dari originalnya.

Sisanya, modifikasi pada Piaggio Zip ini hanya sekedar aksesoris pendukung saja, seperti sein universal, stoplamp LED Aerox, headlamp daymaker Piaggio Zip. Voltmeter Koso dipasangkan agar dapat mengetahui kondisi dari tegangan aki. Terakhir speedometer universal dikustom sehingga dapat melihat indikator bensin dan putaran mesin.