Yamaha XMax Pakai Bore-up Kit TDR 300 CC Tak Perlu Ganti ECU?

Yamaha XMax Pakai Bore-up Kit TDR 300 CC Tak Perlu Ganti ECU?

Yamaha XMax memiliki kapasitas mesin 250 cc yang cukup bertenaga. Salah satu komponen aftermarket di Indonesia yakni TDR memiliki bore-up kit untuk XMax hingga menjadi 300 cc. Menariknya, bore-up kit XMax 300 cc disebutkan tidak perlu sampai mengganti komponen Electronic Control Unit (ECU).

Jeffry Willar selaku Marketing Manager Mitra 2000 menyebutkan komponen bore-up kit TDR memang tidak perlu repot. Menurutnya perintah ECU aftermarket adalah perubahan timing pengapian mesin. Sehingga jika timing tidak perlu diubah, maka ECU standar pun dirasa masih cukup untuk motor bore-up.

"Karena gini, bore-up dari TDR itu lebih arahnya konsumen yang enggak repot. Karena kalau bore-up itu banyak yang harus upgrade ECU juga, jadi perintahnya dari sei ECU itu kan kasih tau timing bukaannya. Nah timingnya itu kan sama, jadi yang perlu diubah debit bensinnya saja," ujar Jeffry saat ditemui OtoMods.

Foto: Brian

Jeffry menjelaskan, pada bore-up memang membutuhkan debit bensin yang lebih banyak karena kubikasi pada mesin meningkat. Sehingga ijektor yang lebih besar dirasa cukup untuk menyesuaikan debit bahan bakar. "Jadi sederhana bore-upnya, jadi bisa dibilang bore-up kami itu enggak harus ubah-ubah," pungkasnya.

"Secara mesin, karena kita hanya bore-up jadi sekarang 300 cc. Piston ukuran 78 mm. Harganya kalau komplit itu sampai Rp 10 juta, kalau yang bloknya saja itu hanya Rp 5,4 juta. Ini belum termasuk pasang, kalau pasang tambah Rp 500 ribu jadi Rp 5,9 juta," jelas Jeffry.