Modifikasi Jok Motor, Waspada Jahitan Bisa Bikin Air Rembes

Modifikasi Jok Motor, Waspada Jahitan Bisa Bikin Air Rembes

Modifikasi jok saat ini kian lazim dilakukan oleh pemilik motor. Terutama penggemar motor custom yang kerap menjahit lapisan joknya agar memiliki pola tertentu. Tentunya hal ini dilakukan guna meningkatkan keindahan dari motor. Namun tahukah bahwa menjahit jok memiliki sejumlah kekurangan?

Ya, ternyata proses utama yang bikin tampilan jok lebih keren juga berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari. Penggunaan jahitan pada lapisan jok memungkinkan jok akan menyerap air ketika tersiram. Bahkan tidak menutup kemungkinan busa dalam jok akan menampung air hujan.

"Itu jahitan memang rembes, jadi kelemahan modifikasi jok motor kalau dijahit akan rembes," ujar Manager Digital Creative Division MBtech, Edi Pamungkas di beberapa waktu lalu di Jakarta.

Foto: Brian

Edi melanjutkan hal tersebut tentunya akan menimbulkan masalah lain. Seperti saat air terserap dalam jok dan menumpuk akan menimbulkan bau dan berbagai mikro organisme yang dapat tumbuh. "Kalau sudah basah ya nanti pastinya diduduki penumpang jadi basah juga. Terus kalau dibiarkan menjadi bau," lanjutnya.

Edi pun menyarankan kepada pemilik motor untuk mencari pembuat jok yang mampu mengatasi masalah tersebut. Menurutnya saat ini sudah banyak seat maker yang mampu melapisi jahitan dengan plastik atau sealer sehingga tidak rembes ke busa. Dengan demikian motor aman saat dicuci atau terkena hujan deras sekalipun.