50 Peserta Mobil dan Motor Sukseskan Track Day Pertama Sirkuit Mandalika

50 Peserta Mobil dan Motor Sukseskan Track Day Pertama Sirkuit Mandalika

Pertamina Mandalika International Street Circuit sukses menggelar acara track day yang pertama kalinya. Sejumlah pecinta kecepatan baik motor ataupun mobil turut meramaikan acara ini. Kira-kira apa tujuan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengadakan track day?

Priandhi Satria selaku Direktur Utama MGPA mengatakan tujuannya adalah memperbolehkan penggemar motorsport memasuki lintasan. Namun Andhi sapaan akrabnya mengatakan, pada track day, penggunaan lintasan harus dibatasi. Sehingga tidak terjadi balapan sungguhan di tengah lintasan pada saat track day.

Foto: Brian

"Jadi di track day ini kami masukan kendaraan mobil dan motor lepas dengan interval 10-15 detik supaya tidak terjadi kejar-kejaran, tidak samping-sampingan, tidak balapan. Kami tempatkan marshal dengan speed gun, kecepatannya di atur, kalau melanggar kami keluarkan," ujar Andi saat ditemui OtoMods di Sirkuit Mandalika beberapa waktu lalu.

"Jadi ini tujuan utamanya untuk senang-senang, bukan buat balapan mencatatkan waktu. Jadi masyarakat umum yang punya roda dua dan roda empat tetap bisa mencoba. Untuk track day pekan ini yang perdana, ada 50 peserta yang ikut," lanjutnya.

Foto: Brian

Andi sendiri mengaku aturan tersebut sudah baku dan akan diterapkan selama track day di Sirkuit Mandalika. Sementara untuk track day berikutnya Andi mengaku pihaknya akan sangat terbuka. Mengingat sirkuit tersebut adalah milik pemerintah yang diturunkan lewat BUMN hingga ke MGPA.

"Pasti terbuka untuk track day, karena keberadaan sirkuit ini kan milik pemerintah melalui kementerian BUMN diturunkan ke Injourney, kemudian diturunkan ke ITDC, MGPA sebagai pengelola. Tentunya masyarakat berhak dan boleh mencoba lintasan ini, ini milik masyarakat umum," terangnya.