Bedah Ubahan Honda Freed, Ceper Maksimal Pakai Air Suspension

Bedah Ubahan Honda Freed, Ceper Maksimal Pakai Air Suspension

Honda Freed dengan konsep elegan milik Muhammad Ilham Utama sudah kita bahas secara umum. Kali ini kita akan bahas secara lebih detail lagi mengenai modifikasi Honda Freed berkonsep elegan. Mengingat, modifikasi pada mobil kesayangna Ilham cukup banyak hingga memasangkan komponen-komponen mahal.

Ilham menyebutkan di sektor bodi-bodi mengandalkan komponen Honda Freed Jepang agar tampil layaknya mobil Japanese Domestic Market (JDM). Komponen dari Jepang di antaranya adalah headlamp, grill, bumper depan belakang, foglamp, garnish, honeycomb, parking pole, side skirt, sampai ke stoplamp. Sementara di bagian spoiler masih menggunakan model standar.

"Kalau panoramic roff itu saya pakai punya copotan Toyota harrier, tapi saya lupa yang 2003 atau yang mana. Shark fin ada dua itu sebenarnya buat trademark Honda Freed saya saja sih. Freed itu kan antenanya di kanan, kalau pakai original jelek, shark fin di kanan doang juga jelek, jadi sekalian dipasang dua," ujar Ilham ketika ditemui OtoMods di Jakarta, Sabtu (18/6).

Foto: Brian

Di sektor kaki-kaki, Ilham mengandalkan pelek HSR FE 01 yang didesain khusus untuk Fitra Eri. Pelek ini memiliki ukuran PCD 4x100, 17 inci, dan lebar 7,5 inci. Pelek tersebut dibalut oleh ban berukuran 205/40 di depan dan 215/40 di belakang.

"Kemudian di sektor pengereman pakai Big Brake Kit (BBK) dari HSR juga. Sama pakai airsus untuk kaki-kakinya, saya pakai dari airlooks. Kalau fender di roll, tapi belum sampai di radius karena masih pakai pelek yang masuk," papar Ilham lebih lanjut.

Foto: Brian

"Di mesin masih standar Honda Freed, paling cuma knalpot ganti resonator saja sih sama pakai muffler dari Remus. Banyak yang nawarin pasang turbo saja tapi mesin standar. Masih ragu juga, karena diliat-liat ternyata banyak yang jebol sampai akhirnya pada naik spek," lanjutnya.

Di bagian interior, Honda Freed ini sudah mendapatkan ubahan yang cukup banyak. Plafon sudah di re-trim menggunakan bahan beludru warna hitam dan jok diretrim menjadi warna coklat. Kemudian terdapat aksen woodpanel di bagian dashboard serta speaker three-way.

Foto: Rangga

"Paling sama tambah speaker three way, paling itu saja sih. Paling sama garnish yang di waterprinting, jadi kaya panel kayu gitu. Nah di bagian belakang itu ada TV sama PS4, jadi kalau nongkrong ya main PS," pungkas Ilham.

Untuk melakukan modifikasi ini, Ilham sendiri enggan menyebutkan waktu pengerjaan dan biaya yang dikeluarkan. Hanya saja ilham memberikan patokan bahwa modifikasinya sampai mampu membeli Honda Freed bekas 1 unit. Artinya mungkin modifikasi pada mobilnya ini mencapai Rp 100 - 140 jutaan.