Belum Sampai Setahun, Mesin Toyota Innova Reborn Diesel Ini Sudah 320 HP! 

Belum Sampai Setahun, Mesin Toyota Innova Reborn Diesel Ini Sudah 320 HP! 

Sejak pandemi melanda Indonesia di awal tahun 2020 lalu, ada perubahan yang sangat terasa soal modifikasi mobil. Terutama di kota Bandung, Jawa Barat, yang semakin banyak diesel freak-nya. Modifikasi mobil dieselnya menggila! 

Salah satunya yang ketularan jadi diesel freak adalah Farisa Hasnanto dengan Toyota Innova Reborn Diesel miliknya yang masih seumur jagung. "Akhirnya keracunan nih! Tapi seneng karena mobil saya jadi kencang, hahaha," gelak Fanto, sapaan akrabnya. 

Foto: bautenam

Padahal Toyota Innova Reborn Diesel ini belum lama menghuni garasi rumahnya di Bandung. Kemudian ia segera membawa Innova ini ke SS Performance untuk ditingkatkan performa mesin dieselnya. "Awalnya mau modif ringan saja, karena ini mobil harian buat ngantor dan ketemu klien," bilangnya. 

Namun kenyataannya berbeda dengan keinginannya. Begitu di SS Performance ia melihat banyak Toyota Innova diesel yang kencang-kencang, ia pun mulai 'goyang' dan ingin lebih lagi. "Kepalang tanggung, dibikin kencang sekalian lah!" pikirnya. 

bautenam

Akhirnya Teddy, punggawa SS Performance ini langsung meracik 'ramuan ajaib' untuk mobil Toyota Innova Reborn Diesel ini. Mulai dari turbo hybrid SS V5, Dastek Unichip, nozzle PHC, intercooler Proline, radiator Koyorad, filter udara K&N langsung dijejalkan ke mesin yang masih standar banget ini. 

Hasil modifikasinya bisa bikin Fanto tersenyum lebar. Karena mesin diesel Toyota Innova Reborn Fanto pun langsung melonjak powernya sampai 320 HP! "Benar-benar diluar dugaan saya, kencang banget! Hahaha," ujarnya sambil tertawa puas. 

Foto: bautenam

Ia pun melanjutkan modifikasinya dengan ganti velg standar ke velg Enkei Tuning SC38 berukuran 18x8,5 inci. Pelek tersebut ditemani dengan ban Michelin Primacy ukuran 235/50R18.

Suspensi Toyota Innova Reborn Diesel juga dibikin lebih ceper dan stabil dengan per Tein dan sokbreker Tein Endura Pro Plus. "Kalau kencang mobil nggak stabil malah jadi bahaya lho!" serunya. Bahkan rem sudah pakai BBK Brembo 355mm 4 pot untuk meningkatkan keamanan. 

Foto: bautenam

Sekarang giliran kenyamanan Fanto ketika nyetir Toyota Innova Reborn Diesel ini yang ditingkatkan. Headunit Pioneer AVH-X8850BT dengan speaker 2way Seas Orchestra berikut power 4 channel Zapco ST 4X DSP juga sub aktif Venom siap membantu Fanto jadi lebih nyaman berada di kabin Innova ini. 

Hebatnya lagi, Toyota Innova Reborn Diesel ini bukan hanya jadi alat transportasi harian Fanto. Akhir tahun 2021 lalu ia mencoba turun di ajang drag race di Sentul dragfest. "Untuk 201 M tembus 9.776 detik, di 402 M dapat 15.158 detik. Cukup ah, hahaha," tawanya lagi. Jadi, kalau ketemu Innova Reborn hitam ini di jalan jangan iseng nantangin ya!