Mengenal Perbedaan Antara Bumper, Bullbar, dan Towbar

Mengenal Perbedaan Antara Bumper, Bullbar, dan Towbar

Komponen modifikasi pada mobil SUV, Double Cabin, atau Rally look memiliki ubahan yang berbeda-beda. Biasanya banyak ubahan pada sektor bumper untuk melindungi mobil. Namun banyak yang belum dapat membedakan antara modifikasi bumper, bullbar, dan towbar.

I Wayan Siu Kumara selaku pemilik WBar Custom mengatakan ketiga hal tersebut berbeda-beda. Namun konsumen atau para pemain mobil off-road masih banyak yang salah mengartikan. Salah satu yang paling banyak salah adalah modifikasi bagian bumper kustom.

Foto: Brian

"Modifikasi bumper kustom itu harus melepas bumper aslinya. Kalau bullbar itu hanya add-on, jadi enggak melepas bumper. Dia hanya melindungi, tempat pasang lampu, jadi dia fungsinya lebih untuk ke proteksi," ujar Wayan ketika ditemui OtoMods, Kamis (23/4) di Rempoa, Tangerang Selatan, Banten.

Kemudian selain bumper dan bullbar, terdapat komponen lain yang dapat melindungi bumper belakang mobil yakni towbar. Selain melindungi, towbar juga dapat berfungsi sebagai alat untuk membawa barang lain. Wayan sendiri menyebutkan towbar dapat digunakan untuk towing, bike rack, dan tarik trailer.

Foto: Brian

"Jadi kalau towbar itu di mobil baru harus ada yang dilepas bumpernya. Tapi kalau seperti fortuner itu bisa dari kolongnya jadi aman. Bikinnya paling sehari jadi, kalau bullbar pakai pelindung ya dua hari. Kadang orang salah, cuma bola chrome saja sudah dibilang towbar, padahal itu tow hitch," lanjut Wayan sapaan akrabnya.

Menurut Wayan saat ini semua mobil dapat dipasangkan towbar semenjak banyak permintaan untuk mengangkat sepeda. Namun towbar pada beberapa mobil tidak dapat digunakan untuk towing dan tarik trailer. Sehingga hanya dapat digunakan untuk mengangkut sepeda saja.