Mesin 2JZ Modifikasi Ringan Bisa Sampai 400 WHP di BMW M6!

Mesin 2JZ Modifikasi Ringan Bisa Sampai 400 WHP di BMW M6!

Seperti yang telah kita beritakan, BMW M6 milik Akbar Rais dibangun untuk mobil drifting. Sejumlah ubahan dilakukan oleh Akbar Rais agar mobil tersebut mendapatkan performa tinggi. Salah satunya dengan menggunakan mesin 2JZ dari Toyota Supra dan ditingkatkan performanya hingga mencapai 400 Wheel Horse Power (WHP).

Akbar Rais mengatakan alasannya menggunakan mesin legendaris 2JZ karena BMW M6 yang dibelinya tidak memiliki mesin. Sehingga memasang dan membangun mesin untuk drifting dengan menggunakan 2JZ dianggap lebih mudah daripada harus mencari mesin M6 yang sangat mahal. Menariknya, mesin tersebut sudah mendapatkan modifikasi yang tidak terlalu ekstrim.

"Modifikasi mesinnya karena enggak mau ribet, karena memikirkan durabilitas. Jadi internalnya masih stock, head gua ganti cam, injektor ganti, baut head ganti, sama paking, sisanya standar. Turbo digedein, radiator di belakang dan depan itu intercooler saja. Di depan ada oil cooler sama power steering cooler," ujar Akbar ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Karawaci.

Foto: Brian

Hasilnya modifikasi mesin tersebut disebutkan mampu mendongkrak tenaga hingga 400 WHP. Sementara jika dilihat keluaran tenaga dari mesinnya langsung diperkirakan mencapai 500-600 Hp. Sedangkan mesin Toyota Supra standar saja hanya mampu mengeluarkan tenaga 220 Hp.

Mengenai harga mesin, Akbar mengaku 2JZ miliknya sudah dibeli sejak lama sebelum harganya semakin naik. Mesin tersebut dicopot dari mobil BMW E46 yang dibangun olehnya untuk drifting. "Sebenarnya dulu harga 2JZ enggak sampai 30 juta, sekarang sampai 100 juta orang jual," pungkasnya.