Mobil Bawa Sepeda dan Motor, Perlu Perhatikan Faktor Safety

Mobil Bawa Sepeda dan Motor, Perlu Perhatikan Faktor Safety

Modifikasi towbar dengan bike rack untuk membawa sepeda dan motor kerap banyak dilakukan belakangan ini. Towbar memang dapat difungsikan untuk membawa barang bawaan tambahan. Namun banyak yang tidak memikirkan faktor keamanan saat memasangkan towbar tersebut.

I Wayan Siu Kumara selaku pemilik WBar Customs mengatakan di bengkelnya modifikasi bike rack untuk membawa sepeda dan motor juga memikirkan faktor safety. Menurutnya harus terdapat lampu tambahan pada bike rack jika perlu membawa motor. Hal ini untuk memperingati pengendara lain di belakangnya.

"Itu bisa bikin, tapi kalau mobil bawa motor di belakang, itu harus ada lampunya. Lampu yang sesuai dengan lampu dan sein, satu lamu lagi tandain dia menyala. Jadi seperti harus pakai rotator, harus ada yang kelap-kelip," pungkas Wayan ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

Foto: Brian

Dengan demikian, pengendara lain di belakang yang ingin menyalip dapat mengetahui dimana harus menjaga jarak. Wayan juga menyebutkan, jika membawa motor tanpa adanya lampu tersebut dapat dihentikan oleh petugas Dinas Perhubungan. 

"Jadi kalau ada lampu itu, ketika ada motor misalnya mau nyalip mereka tahu. Bahwa lampunya kedap-kedip, dia harus kasih jarak. Karena kalau enggak begitu pasti kena, karena kalau standar safety logisnya dipikirin, itu harus. Jadi bukan hanya lampu rem sen sama mundur, tapi rotatornya ini nih," pungkasnya.