Pasang Towbar dan Bullbar Perlu Perawatan Secara Rutin?

Pasang Towbar dan Bullbar Perlu Perawatan Secara Rutin?

Pemasangan aksesoris towbar dan bullbar banyak dilakukan pada mobil-mobil SUV dan Double Cabin. Namun tidak menutup kemungkinan mobil jenis lain untuk memasang aksesoris pelindung tersebut. Lantas, mungkinkah towbar dan bullbar yang dipasang di mobil membutuhkan perawatan?

I Wayan Siu Kumara selaku pemilik WBar Customs mengatakan pemasangan aksesoris seperti bullbar dan towbar tidak perlu perawatan. Hanya saja saat mobil hendak digunakan, ada baiknya melakukan pengecekan. Terutama pada bagian baut-baut perlu dicek kembali agar mobil dapat digunakan dengan nyaman.

"Karena cara bawa mobil orang kan lain-lain. Kalau sudah banyak tambahan-tambahan memang harus dicek. Seperti kalau mau dipakai harus tes dan cek lagi. Alhamdulillah sejauh ini secara barang ya belum pernah ada kerusakan," ujar Wayan ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

Foto: Brian

Menurut Wayan pengecekan pada komponen-komponen mobil perlu dilakukan baik mobil sering dipakai ataupun tidak. Karena banyak pengguna mobil yang beranggapan jika tidak dipakai maka tidak akan rusak. Wayan berpesan agar tetap dicek kembali sebelum digunakan.

"Jadi walaupun enggak dipakai, saat mau pakai ya harus prepare dicek lagi. Paling biasanya baut-baut itu selek saja karena pemakaian. Kalau cek kesini kami kerjain dan tidak ada tambahan biayanya," pungkas Wayan.