Toyota Innova Venturer Pakai Air Suspesion Prazis Langsung Plug and Play

Toyota Innova Venturer Pakai Air Suspesion Prazis Langsung Plug and Play

Toyota Innova Venturer yang dimodifikasi namun tetap bisa dipakai untuk harian telah kami ulas dalam beberapa artikel. Kali ini kami ingin membahas salah satu keunikan dari modifikasi Innova tersebut, yakni di bagian suspensinya. Mobil Medium MPV dari Bogor itu mengaku menggunakan suspensi udara, namun dengan pemasangan yang plug and play.

Dewangga selaku pemilik Toyota Innova Venturer tersebut menyebutkan menggunakan air suspension dari Prazis. Prazis merupakan merek suspensi asal Taiwan yang membuat air suspension yang khusus untuk Innova. Sehingga menurut penuturan Dewangga pemasangannya sangat sederhana karena plug and play.

Foto: Brian

"Kaki-kaki sudah pakai air suspension, pakai Prazis air suspension. Jadi itu cuma dibuat satu di dunia dan itu plug and play. Jadi enggak ada yang namanya coak sasis atau ngelas apapun gitu enggak ada. Enggak susah masangnya karena memang plug and play masangnya, makanya tadi didesain cuma buat Innova ini saja," ujar Dewangga ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Bogor.

Dewangga mennyebutkan, dirinya hanya dalam keadaan iseng untuk meminta air suspension yang khusus untuk Toyota Innova Venturer ke Prazis. Namun pihak Prazis di Taiwan menyanggupi permintaan Dewangga. Sehingga saat ini suspensi tersebut belum dijual ke pasaran.

Foto: Brian

"Cuma satu, belum dijual ke massal karena memang mintanya khusus ke Prazis. Jadi belum dijual bebas, dia itu merek Taiwan dan saya juga iseng sih bikin permintaan kesana ternyata disanggupi," papar Dewangga.

Dewangga menyebutkan harga suspensi udara dari Prazis yang diminta khusus ke Taiwan itu memiliki harga hanya Rp 55 juta. Sementara untuk manajemennya, Dewangga menggunakan airlift yang menambah budget sebesar Rp 35-40 jutaan.