Beli Yamaha XMax Bekas Jangan Asal, Perhatikan Komponen Kelistrikan!

Beli Yamaha XMax Bekas Jangan Asal, Perhatikan Komponen Kelistrikan!

Yamaha XMax menjadi skutik bongsor yang banyak diminati pecinta roda dua. Motor yang satu ini terbilang cukup fleksibel untuk dimodifikasi baik dengan konsep racing ataupun touring. Lantas jika membeli XMax bekas, apa saja yang harus diperhatikan agar tak salah pilih?

Sami Aji selaku Kepala Mekanik Mods Zone mengatakan membeli Yamaha XMax bekas terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Sami mengatakan terdapat dua hal yakni pertama adalah kelistrikan dan kaki-kakinya. Sementara untuk komponen lainnya seperti CVT biasanya dalam kondisi aman.

Foto: Brian

"Kelistrikan kalau bisa dibilang harus ada latnya buat ngecek ECU atau apa. Biasanya XMax ada penyakit di pengisian, jadi kalau pengecekan dari kasat mata agak sulit. makanya banyak yang asal beli malah kecele, jadinya rugi karena salah beli," ujar Sami ketika ditemui OtoMods di Cakung, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Menurut Sami, saat ini Yamaha XMax sudah menggunakan komponen full elektrik. Sehingga kelistrikan menjadi hal utama yang harus diperhatikan ketika meminangnya dalam kondisi bekas. Selain kelistrikan, Aji juga menceritakan mengenai kondisi kaki-kaki pada Yamaha XMax.

Foto: Brian

"Kalau kaki-kaki itu shock belakang, karena memang penyakitnya sebenarnya. Jadi shock belakangnya itu enggak sama tingginya antara kanan dan kiri, jadi kalau sudah jelek shocknya, nanti dia ngebuang pantat motornya," ujar Aji.

Mods Zone sendiri merupakan bengkel modifikasi dan servis motor yang berlokasi di Ujung menteng business center blok A-11, Cakung, Jakarta Timur. Bengkel yang satu ini mengerjakan segala jenis motor baik matic, sport, hingga naked. Namun belakangan ini cukup banyak konsumen yang datang menggunakan XMax, sehingga lebih mengenal seluk beluk motor tersebut.